POLAKOMUNIKASIPEMIMPINDALAMMENINGKATKANKINERJA KURIRPADAPT.TRIADIBERSAMA(ANTERAJA) CABANGPONDOKKOPI JAKARTATIMUR (PERIODETAHUN2022)

OKTARI, JESICCA MEGA (2023) POLAKOMUNIKASIPEMIMPINDALAMMENINGKATKANKINERJA KURIRPADAPT.TRIADIBERSAMA(ANTERAJA) CABANGPONDOKKOPI JAKARTATIMUR (PERIODETAHUN2022). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 01 Cover.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 02 Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
44219310003 - Jesicca Mega O - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Manusiadidalamkehidupannyadalamberkomunikasi terutamapadaorganisasi pastimemerlukanoranglainsertamembutuhkankelompokataumasyarakatuntuksaling berinteraksi. Semua kegiatan organisasi didasarkan pada aturan organisasi untuk mencapai tujuan.Organisasimembutuhkanpengaturantentangdeskripsipekerjaan,cara bekerja,hubunganantarasatupekerjaandenganpekerjaanlainnya, satupribadidengan pribadi lainnya di bawah kendali pemimpin. Agar interaksi antara pimpinan dengan bawahan berjalan dengan baik dan juga memberikan dampak yang baik untuk memajukan organisasi,maka diperlukannya pola komunikasi dalamorganisasi untuk meningkatkankinerjabawahannya. Penelitian ini berfokus kepadabagaimana carapemimpindalammeningkatkan kinerjakurirnya danPolaKomunikasi apayangditerapkan.Olehkarena itu, peneliti inginmelakukananalisatentangPolaKomunikasiyangditerapkanolehpemimpindalam meningkatkankinerja kurir padaStagingStoreAnterajaPondokKopi JakartaTimur periodetahun2022.Metodeyangdigunakandalampenelitianinimenggunakanmetode desktiptifkualitatifdenganparadigmakonstruktivitas.Dataprimerpenelitiandidapatkan melalui observasi langsungdi tempat dan akun Instagram@lifeaja. Sedangkan, data sekunder melalui wawancara singkat dengan pihak Area Manager,Operation Koordinator,LeaderdanKurir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemimpin menggunakan Pola KomunikasiRantai&Bintang. SistemPartisipatifKepemimpinanManajemenRensis Likertdalammeningkatkankinerjakurirnyadengancaramengadakansebuahrewardatau penghargaanuntukparakurirsepertipemberianlencana,sembako,voucherovo,beasiswa sekolah anak,dan juga Umroh gratis dan pemimpin memberikan keterbukaan dan kepercayaanpadakurir.Bentuk-bentukpenghargaantersebut terbuktimemberikanhasil yangsesuaidengantargetdantujuanperusahaanyangdilakukandenganadanyaprogram penghargaan tersebut sudah cukup efektif dalammeningkatkan kinerja pada kurir. Anterajamemiliki Hambatan dalamberkomunikasi yaituHambatan Semantik yang terjadikarnaadanyaperbedaanpenggunaanbahasa&latarbelakangpendidikanberbedabeda pada kurir. dalammengatasi hal ini, pemimpinbertindakdalammengapproach langsungorangyangbersangkutanuntukmengatasimasalahhambatantersebut. Katakunci:polakomunikasi,organisasi,pemimpin,kurir,kinerja ABSTRACT Humans in their lives incommunicating, especially inorganizations, definitely needother people andneedgroups or communities to interact witheachother. All organizational activities are based on organizational rules to achieve goals. Organizations require arrangements regarding job descriptions, ways of working, relationshipsbetweenonejobandanother,onepersontoanotherunder thecontrolof theleader.Inorderfortheinteractionbetweenleadersandsubordinatestorunwelland alsohaveagoodimpactonadvancingtheorganization,apatternofcommunicationis neededwithintheorganizationtoimprovetheperformanceofitssubordinates. TheResearchfocusesonhowleaders improvetheperformanceof theircouriers andwhat communicationpatternsareapplied.Therefore, researcherswant toanalyze thecommunicationpatternsusedby leaders in improvingcourierperformanceat the AnterajaPondokKopiStagingStore,EastJakartaforthe2022period.Themethodused inthisstudyusesaqualitativedescriptivemethodwithaconstructivityparadigm.The primary researchdatawas obtained throughdirect observationon the spot and the [email protected], secondarydata throughbrief interviewswith theAreaManager,OperationsCoordinator,LeaderandCourier. The results of this study indicate that leaders use the Rensis Likert Chain Communication Pattern&Stars. Participatory LeadershipManagement System in improvingtheperformanceof theircouriersbyholdingrewardsorawardsforcouriers suchasgivingbadges,groceries,ovovouchers,children'sschoolscholarships,andalso freeUmrah and leaders provide openness and trust in the courier. These forms of appreciationareproventoprovideresultsinaccordancewiththetargetsandobjectives of thecompany.Theawardprogramisquiteeffective inimprovingtheperformanceof couriers.Anterajahasobstaclesincommunicating,namelysemanticbarriersthatoccur becauseofdifferences in theuseof language&different educationalbackgrounds for couriers. inovercomingthis, theleaderactsindirectapproachtothepersonconcerned toovercometheproblemoftheseobstacles. Keywords:communicationpattern,organization,leader,courier,performance

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 007
NIM/NIDN Creators: 44219310003
Uncontrolled Keywords: polakomunikasi,organisasi,pemimpin,kurir,kinerja
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:53
Last Modified: 20 Dec 2023 02:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84796

Actions (login required)

View Item View Item