ANALISIS KONDISI PERKERASAN JALAN DAN PREDIKSI SISA UMUR LAYAN JALAN DI KOTA BEKASI (STUDI KASUS JALAN RAYA NAROGONG - CILEUNGSI)

FAJAR UTOYO, SIGIT (2023) ANALISIS KONDISI PERKERASAN JALAN DAN PREDIKSI SISA UMUR LAYAN JALAN DI KOTA BEKASI (STUDI KASUS JALAN RAYA NAROGONG - CILEUNGSI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 01 Cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 02 Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
41119310047 - Sigit Fajar Utoyo - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jalan raya Narogong-Cileungsi merupakan jalan yang berada di kota Bekasi, Panjang ruas jalan ini sebesar 6,04 Km dan termasuk ke dalam jalan kelas I dan merupakan jalan Arteri primer dengan tipe jalan 2 lajur, 2 arah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kerusakan yang terjadi dan merencanakan jenis pemeliharaan yang dapat diterapkan sesuai dengan tingkat kerusakan yang diperoleh dengan metode Bina Marga dan mengetahui besar tingkat penurunan umur perkerasan jalan berdasarkan metode AASHTO 1993. Penelitian ini dilakukan analisis kondisi permukaan jalan dan prediksi sisa umur jalan berdasarkan beban lalu lintas pada ruas jalan Narogong-Cileungsi. Pengukuran kerusakan jalan dilakukan secara manual menggunakan roll meter lalu di dokmentasikan untuk masing-masing jenis kerusakan . Hasil pengukuran tersebut kemudian digunakan untuk menentukan kondisi jalan dengan menggunakan metode Bina Marga 1990 dan prediksi sisa umur jalan berdasarkan lalu lintas kendaraan dianalisis menggunakan metode AASHTO 1993. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan memakai Metode Bina Marga 1990 di dapat nilai kondisi jalan untuk arah Cileungsi 2,9 masuk kedalam solusi penanganan program Pemeliharaan Berkala dan arah Bekasi sebesar 5 masuk kedalam solusi penanganan program Pembeliharaan Berkala. Sedangkan untuk hasil analisis sisa umur layan menggunakan Metode AASHTO 1993 dari tahun 2017 - 2037 didapatkan nilai Wt (Kumulatif ESAL) aktual selama 20 tahun sebesar 13588861625. Berdasarkan hasil analisis (Ruas Jalan Raya Narogong) umur perkerasan jalan didapatkan umur layan jalan akan habis pada tahun ke 18 yaitu tahun 2035 sehingga umur jalan mengalami penurunan umur 3 tahun dari umur rencana awal yaitu 20 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 23 003
NIM/NIDN Creators: 41119310047
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan,Umur Layan Jalan, ESAL, Metode Bina Marga 1990, Metode AASHTO 1993
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:10
Last Modified: 15 Dec 2023 04:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84706

Actions (login required)

View Item View Item