STRATEGI PERSONAL BRANDING PADA GAYA HIDUP SELEBGRAM @RAVENAARBELLIA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

WALIDA, NADIATUL (2023) STRATEGI PERSONAL BRANDING PADA GAYA HIDUP SELEBGRAM @RAVENAARBELLIA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (336kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)

Abstract

The aim of this research is to find out and describe the Personal Branding Strategy in the Lifestyle of Selebgram @ Ravenaarbellia on Instagram Social Media. In this research, 4 respondents were used, divided into core and supporting respondents. The data collection method for this research was carried out by interviews. This research uses a qualitative method using 8 personal branding concepts proposed by Montoya. Instagram is a social media platform that is widely used by its users. With Instagram users can reach each other. Apart from that, Instagram also has various features such as feeds, live streaming, Instagram stories, and also reels which can be used easily by users. Ravena Arbellia is building personal branding by actively sharing various interesting content related to her lifestyle as a celebrity who is interested in beauty and fashion. Ravena Arbellia is called a celebgram because it meets the requirements for being a celebgram, namely having more than 20,000 followers. Based on the research carried out, the results showed that the personal branding carried out by Ravena Arbellia as Selebgram has fulfilled the 8 aspects of personal branding proposed by Montoya in Haroen 2014: 67, namely specialization aspects, leadership aspects, personality aspects, differences aspects, unity aspects, visible aspects, aspect of steadfastness, and aspect of good name. As a celebrity, Ravena Arbellia forms her personal branding through the lifestyle she applies on her Instagram social media in the @ravenaarbellia account, especially in the field of beauty. Ravena Arbellia has succeeded in forming her personal branding on her Instagram social media as a celebrity, as proven in her posts. Ravena has collaborated a lot with well-known brands such as beauty, food, health and fashion brands. Keywords: Personal Branding, Instagram, Celebrity, Lifestyle Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan mendekripsikan bagaimana Strategi Personal Branding Pada Gaya Hidup Selebgram @Ravenaarbellia di Media Sosial Instagram. Dalam penelitian ini digunakan responden sebanyak 4 orang yang dibagi menjadi responden inti dan pendukung. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan 8 konsep personal branding yang dikemukakan oleh Montoya. Instagram sebagai platform media sosial yang banyak digunakan oleh penggunanya. Dengan Instagram penggunanya dapat menjangkau satu sama lain. Selain itu Instagram juga memiliki berbagai fitur seperti feeds, live streaming, instgaram story, dan juga reels yang dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Ravena Arbellia melakukan pembentukan personal branding dengan aktif membagikan berbagai konten menarik yang berkaitan dengan gaya hidupnya sebagai selebgram yang tertarik dengan kecantikan dan fashion. Ravena Arbellia disebut sebagai selebgram sebab sudah memenuhi syarat sebagai selebgram yakni memiliki jumlah pengikut lebih dari 20.000 followers. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa personal branding yang dilaksanakan oleh Ravena Arbellia selaku Selebgram sudah memenuhi 8 aspek personal branding yang dikemukakan oleh Montoya dalam Haroen 2014: 67 yakni aspek spesialisasi, aspek kepemimpinan, aspek kepribadian, aspek perbedaan, aspek kesatuan, aspek terlihat, aspek keteguhan, dan aspek nama baik. Sebagai seorang selebgram Ravena Arbellia melakukan pembentukan personal brandingnya melalui gaya hidup yang ia terapkan di media sosial instagramnya dalam akun @ravenaarbellia khususnya dibidang kecantikan. Ravena Arbellia berhasil melakukan pembentukan personal brandingnya di media sosial Instagramnya sebagai selebgram terbukti dalam postingannya Ravena banyak melakukan kerja sama dengan brand-brand terkenal seperti brand kecantikan, makanan, kesehatan, dan fashion. Kata Kunci: Personal Branding, Instagram, Selebgram, Gaya Hidup

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 213
Call Number: SK/42/23/112
NIM/NIDN Creators: 44220010005
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Instagram, Selebgram, Gaya Hidup
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 05 Dec 2023 08:50
Last Modified: 05 Dec 2023 08:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84588

Actions (login required)

View Item View Item