MAULANA, MUHAMMAD FAUZI (2021) SENTIMENT ANALYSIS OF PUBLIC TRANSPORTATION MRT JAKARTA ON TWITTER AFTER 2 YEARS SERVING THE PEOPLE OF JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
02 Cover - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
03 Abstrak - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Download (76kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
04 Bab 1 - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
Text (BAB II)
05 Bab 2 - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (BAB III)
06 Bab 3 - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text (BAB IV)
07 Bab 4 - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB V)
08 Bab 5 - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text (BAB VI)
09 Bab 6 - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 Daftar Pustaka - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
11 Lampiran - MUHAMMAD FAUZI MAULANA.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
Abstract
Tujuan dari jurnal ini adalah untuk menganalisa sentimen tweet dari Twitter tentang MRT Jakarta setelah 2 tahun melayani masyarakat Jakarta, mencari informasi penting dari negatif tweet untuk sebagai saran terhadap pengelola MRT Jakarta, dan membandingkan performa dari Naïve Bayes Classifier dan Support Vector Machine (SVM) dalam mengklasifikasi sentimen di dalam penelitian ini. Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta adalah sebuah moda transportasi publik berbasis kereta di Jakarta yang melayani masyarakat dengan efektifitas dalam melewati lalu lintas. Sebagai transportasi publik, evaluasi dari pelayanan yang diberikan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan yang MRT Jakarta berikan. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukannya Analisa terhadap opini dari masyarakat tentang MRT Jakarta dengan menggunakan pendekatan analisa sentimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Naïve Bayes Classifier dan SVM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dengan SVM menghasilkan performa yang lebih baik dari Naïve Bayes Classifier dalam mengklasifikai sentimen dari tweet dengan 90% akurasi rata-rata. Tetapi Naïve Bayes Classifier lebih cepat dari SVM dalam hal waktu eksekusi yang diperlukan untuk mengklasifikasi sentimen dengan 5 detik rata-rata. Dari visualisasi data menggunakan word cloud dan text association informasi didapatkan, MRT Jakarta harus meningkatkan pelayanan mereka kepada masyarakat Jakarta dalam hal sumber daya listrik, pegawai, proses pembayaran, prosedur dalam menggunakan layanan, dan aplikasi MRT Jakarta. Kata kunci: Sentiment Analysis, Text Mining, MRT Jakarta, Naïve Bayes Classifier, Support Vector Machine
Actions (login required)
View Item |