ANALISIS KINERJA DAN KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN TRANSJAKARTA KORIDOR 2A AKIBAT RELOKASI HALTE HARMONI CENTRAL BUSWAY

NOVITASARI, CHRYSTIN INDAH (2023) ANALISIS KINERJA DAN KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN TRANSJAKARTA KORIDOR 2A AKIBAT RELOKASI HALTE HARMONI CENTRAL BUSWAY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 02 Cover.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 03 Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 04 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 05 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB 3)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 06 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB 4)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 07 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB 5)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 08 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text (JURNAL)
41121120053 - Chrystin Indah Novitasari - 11 Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

TransJakarta merupakan salah satu transportasi dengan sistem BRT yang menyediakan solusi untuk mempercepat angka mobilisasi tinggi di DKI Jakarta. Salah satu koridor strategis perjalanan TransJakarta adalah koridor 2A. Sejak ditutup dan direlokasinya Halte Harmoni Central Busway akibat pembangunan MRT CP202, rute perjalanan pada koridor ini harus mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan dan operasional TransJakarta koridor 2A, kepuasan penggunanya dan indikator tertentu yang perlu ditingkatkan akibat perubahan rute tersebut. Penelitian ini menggunakan data berdasarkan survei di lapangan dan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan perhitungan data operasional berdasarkan SPM Perum PPD dan PerGub DKI Jakarta No. 13 Tahun 2019. Berdasarkan hasil analisis, kinerja operasional bus sudah baik dengan kategori A dan B pada tiap indikatornya. Berdasarkan perolehan skor CSI sebesar 78.79%, penumpang puas dengan kinerja TransJakarta Koridor 2A. Namun berdasarkan tingkat kesesuaian rata-rata IPA dengan skor 89%, terdapat 6 indikator pada kinerja TransJakarta Koridor 2A yang kurang memuaskan. Sebagai rekomendasi, perlu adanya perbaikan pada indikator headway bus, informasi pelayanan, informasi waktu kedatangan dan gangguan perjalanan, sistem pembayaran, kepadatan bus, dan tersedianya ruang khusus bagi pengguna kursi roda agar meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pengguna. Kata kunci: TransJakarta Koridor 2A, Pelayanan, Operasional, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI).

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41121120053
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TransJakarta Koridor 2A, Pelayanan, Operasional, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI).
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:48
Last Modified: 24 Nov 2023 08:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84291

Actions (login required)

View Item View Item