POLA INTERAKSI TIM PICA SYNDROME PADA GAME MOBILE LEGENDS SAAT IN GAME (STUDI KASUS POLA INTERAKSI ANTARA ANGGOTA SQUAD PICA SYNDROME DALAM GAME MOBILE LEGENDS)

ARIRAHMA, NATASA (2023) POLA INTERAKSI TIM PICA SYNDROME PADA GAME MOBILE LEGENDS SAAT IN GAME (STUDI KASUS POLA INTERAKSI ANTARA ANGGOTA SQUAD PICA SYNDROME DALAM GAME MOBILE LEGENDS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)

Abstract

In an era where mobile gaming is increasingly dominating the digital entertainment world, Mobile Legends has become a global phenomenon, bringing together players from diverse backgrounds. In this context, this research aims to delve deeper into the communication within teams within this game. Team Pica Syndrome is the focus of this study due to its reputation for maintaining close cooperation and achieving success in matches. Using a qualitative approach with interviews and observations as data collection techniques during gaming sessions, this research employs the Computer Mediated Communications theory as its supporting framework. The gathered data is then analyzed using the Miles and Huberman data analysis method, which involves data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings indicate that the dominant pattern of interaction within Team Pica Syndrome can be categorized as a hub-and-spoke interaction pattern. This research suggests that effective communication is the key factor in maintaining successful team coordination in the game Mobile Legends. Keywords: Online Game, Mobile Legends, hub-and-spoke interaction pattern, CMC, Pica Syndrome. Dalam era di mana permainan mobile semakin merajai dunia hiburan digital, Mobile Legends telah menjadi fenomena global yang mengumpulkan pemain dari berbagai kalangan. Dalam konteks ini, penelitian ini lahir dengan tujuan untuk melihat lebih dalam ke dalam komunikasi dalam tim yang ada di dalam permainan ini. Tim Pica Syndrome menjadi fokus penelitian ini karena reputasinya dalam menjaga kerjasama yang erat dan berhasil dalam pertandingan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data selama sesi permainan. Penelitian ini menggunakan teori Computer Mediated Communications sebagai teori yang mendukung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles and Huberman yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa pola interaksi yang dominan dalam tim Pica Syndrome dapat dikategorikan sebagai pola interaksi roda. Penelitian ini mengindikasikan bahwa komunikasi yang efektif menjadi kunci utama dalam menjaga koordinasi tim yang sukses dalam permainan Mobile Legends. Kata Kunci: Game Online, Mobile Legends, Pola Interaksi, CMC, Pica Syndrome

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 191
NIM/NIDN Creators: 44217010138
Uncontrolled Keywords: Game Online, Mobile Legends, Pola Interaksi, CMC, Pica Syndrome
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:20
Last Modified: 09 Nov 2023 04:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84066

Actions (login required)

View Item View Item