PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK @ERIGO.STORE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Periode Juli 2020 - Desember 2022)

KURNIAWAN, HENDRIK (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK @ERIGO.STORE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Periode Juli 2020 - Desember 2022). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
03 BAB 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB 5.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Brand clothing lines that can persuade customers are not enough with good designs, But it requires marketing communication activities, namely promotion in order to produce objective effects and feedback to increase brand awareness. and the occurrence of covid-19 in 2020 makes all adapt quickly in the use of communication technology, one of which is TikTok social media, in this phenomenon is used by many companies use promotions on TikTok Social Media, one of which is Erigo. The goal is to understand how the use of promotional media carried out by @erigo.store on TikTok in increasing brand awaraness. The theoretical concept used in this study uses the reference concept of previous research regarding the use of social media as a promotional medium. And there are several theories used as reference material in this study, such as marketing communication theory, social media, social media marketing, new media, promotion, content marketing, and brand awareness. This research uses the paradigm of positivisme and qualitative research methods. Data collection with indepth interviews and observations. Researchers used triangulation data analysis. The results of this study explained TikTok application has become the main medium or application for Erigo to promote because it is in accordance with the target market of Erigo on TikTok @erigo.store and with its market segmentation which the majority of TikTok active users are all people from teenagers to adults with an range to 15 – 45 years, promotions carried out by Erigo on the TikTok @erigo.store application to increase brand awareness by implementing content marketing, dan dalam tingkatan brand awareness. Supporting elements by uploading content using story telling style, by use TikTok features. Erigo itself is at the level of “brand remembrance’’ atau brand recall. Keywords: Promosi , Social Media, Brand Awareness, Erigo, Tiktok Brand clothing line yang dapat mempersuasif pelanggan tidak cukup dengan design yang bagus saja, tetapi memerlukan aktivitas komunikasi pemasaran yaitu promosi guna untuk menghasilkan efek tujuan dan feedback guna meningkatkan kesadaran mereknya. Dan terjadinya pandemic covid- 19 di tahun 2020 membuat semua beradaptasi dengan cepat dalam penggunaan teknologi komunikasi salah satunya media sosial TikTok. Dalam fenomena tersebut dimanfaatkan banyak perusahaan melakukan promosi didalam media sosial TikTok salah satunya Erigo. Tujuannya itu untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media promosi yang dilakukan oleh @erigo.store di TikTok dalam meningkatkan brand awareness. Konsep teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan konsep acuan penelitian terdahulu mengenai penggunaan media sosial sebagai media promosi. Dan terdapat beberapa teori yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penelitian ini, seperti teori komunikasi pemasaran, media sosial, social media marketing, new media, promosi, content marketing, dan brand awareness. Penelitian ini menggunakan pradigma positivisme dan metode penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview) dan observasi. Peneliti menggunakan analisa data triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa aplikasi TikTok sudah menjadi media atau aplikasi utama bagi Erigo untuk melakukan promosi karena sesuai dengan target pasar dari Erigo di TikTok @erigo.store maupun dengan segmentasi pasarnya yang mayoritas pengguna aktif TikTok yaitu semua kalangan dari remaja hingga dewasa dengan range usia 15 – 45 tahun, promosi yang dijalankan Erigo di aplikasi TikTok @erigo.store untuk meningkatkan brand awareness dengan menerapkan content marketing. Elemen-elemen pendukung dengan mengunggah konten menggunakan style story telling, dengan memanfaatkan fitur TikTok. Erigo sendiri dalam tingkatan brand awareness berada pada tingkatan “pengingatan kembali terhadap merek’’ atau brand recall. Keyword: Promosi , Media Sosial, Brand Awareness, Erigo, Tiktok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 23 058
NIM/NIDN Creators: 44318120042
Uncontrolled Keywords: Promosi , Media Sosial, Brand Awareness, Erigo, Tiktok
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:27
Last Modified: 08 Nov 2023 03:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84004

Actions (login required)

View Item View Item