KOMUNIKASI PERSUASIF LASKAR BENTENG VIOLA DALAM MEMBANGUN SIKAP SPORTIVITAS DAN LOYALITAS ANGGOTA (Studi Kasus Laskar Benteng Viola Dalam Membangun Sikap Sportivitas Dikalangan Anggota Supporter)

ADITYA, MUHAMMAD IHSAN (2020) KOMUNIKASI PERSUASIF LASKAR BENTENG VIOLA DALAM MEMBANGUN SIKAP SPORTIVITAS DAN LOYALITAS ANGGOTA (Studi Kasus Laskar Benteng Viola Dalam Membangun Sikap Sportivitas Dikalangan Anggota Supporter). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover 01 - Muhammad Ihsan Aditya.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)

Abstract

Kasus kekerasan suporter sepak bola perlu menjadi perhatian bagi para Ketua Umum anggota suporter dan PSSI, sebab tercatat dalam 6 tahun terakhir telah terdapat 6 korban jiwa yang disebabkan oleh kekerasan suporter sepak bola. Oleh sebab itu, kekerasan antar suporter sepak bola tidak boleh dianggap mudah dan perlu diawasi. Tentunya upaya yang dilakukan oleh para Ketua Umum anggota suporter adalah melakukan komunikasi persuasif kepada para anggota suporternya dengan tujuan membangun sikap anti kekerasan suporter. Berdasarkan Teori Perubahan Sikap dalam komunikasi persuasif sangatlah berhubungan dengan tujuan membangun sikap anti kekerasan suporter. Dan karena anggota suporter merupakan sebuah organisasi yang dikatakan formal, maka teori kultural organisasi juga sangat penting untuk diterapkan yaitu organisasi akan baik apabila terdapat budaya baik didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara terbuka dan observasi partisipan. Kemudian terkait teknk pemeriksaan keabsahan data, pada penilitian ini menggunakan triangulasi sumber yang mana menyelarskan terkait informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian telah sesuati atau sebaliknya. Upaya komunikasi persuasif Laskar Benteng Viola dalam membangun sikap anti kekerasan dilakukan dengan cara memberikan himbauan-himbauan yang mana dilakukan pada saat sebelum berangkat pertandingan, gathering, forum antar pengurus dan anggota hingga pada saat nonton bareng. Isi pesan dalam komunikasi yang dilakukan adalah upaya untuk membangun sikap anti kekerasan, larangan untuk menyanyikan dan menggunakan atribut yang berbau rasis atau memancing emosi suporter lawan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216010103
Uncontrolled Keywords: MEMBANGUN SIKAP SPORTIVITAS DAN LOYALITAS ANGGOTA (Studi Kasus Laskar Benteng Viola Dalam Membangun Sikap Sportivitas Dikalangan Anggota Supporter)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.62 Interfacing and Communications Protocols (Standards)/Tampilan Antarmuka dan Protokol Komunikasi (Standar)
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:32
Last Modified: 06 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83910

Actions (login required)

View Item View Item