PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LOGISTIK PT. SURYAGITA NUSARAYA BERDASARKAN KERANGKA KERJA ZACHMAN

PUSPITA, MELIANA IRYANI (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LOGISTIK PT. SURYAGITA NUSARAYA BERDASARKAN KERANGKA KERJA ZACHMAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
7. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)

Abstract

Freight shipping services are one of the businesses that are currently becoming a trend in Indonesia. PT. Suryagita Nusaraya is one of the freight forwarding companies that is currently developing, where customer service and satisfaction are the most priority. Constraints that occur at this time are the absence of a system that manages data recording transactions as well as computerized documentation, so that many problems are caused, such as archiving, data searching, and information dissemination. thus the company can lose because the data received is not valid. This research was conducted at PT. Suryagita Nusaraya with the aim of helping Door to Door division employees (Receiving Goods) in managing data and recording transactions and making required reports. This study characterizes users making transaction documents with considerable time and often making mistakes in calculating total prices and writing names, and providing interesting findings obtained by analysis. The research was carried out by the method of observation, interviews and literature studies to produce analysis, design applications for recording and reporting sales. This study designed an information system so that the data to be managed is integrated with the database, can be accessed through the internet and makes it easier for employees to make transaction documents, record transactions, view customer, vendor, and vendor payment schedule data. The design of this application is made using the UML design method (Unified Modeling Language) and the design of enterprise architecture using the Zachman framework. Keywords: Information Systems, Recording, Shipping, UML, Zachman Jasa pengiriman barang adalah salah satu bisnis yang sedang menjadi trend saat ini di Indonesia. PT. Suryagita Nusaraya adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang sedang berkembang saat ini, dimana pelayanan dan kepuasan pelanggan adalah hal yang paling di utamakan. Kendala yang terjadi saat ini adalah belum adanya sistem yang mengelola data pencatatan transaksi dan juga dokumentasi yang terkomputerisasi, sehingga banyak masalah yang ditimbulkannya, seperti pengarsipan, pencarian data, dan terjadi ketidakseragaman informasi. dengan demikian perusahaan dapat merugi karena data yang diterima kurang valid. Penelitian ini dilakukan di PT. Suryagita Nusaraya dengan tujuan membantu karyawan divisi Door to Door (Penerimaan Barang) dalam mengelola data dan pencatatan transaksi serta membuat laporan-laporan yang dibutuhkan. Penelitian ini secara karakteristik pengguna membuat dokumen transaksi dengan waktu yang cukup lama dan sering melakukan kesalahan dalam menghitung total harga maupun penulisan nama, dan memberikan temuan menarik yang diperoleh dengan analisis. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan untuk menghasilkan analisa, perancangan aplikasi pencatatan dan pelaporan penjualan. Penelitian ini merancang system informasi agar data yang akan dikelola terintegrasi dengan database, dapat diakses melalui internet dan mempermudah karyawan dalam membuat dokumen transaksi, mencatat transaksi, melihat data pelanggan, vendor, serta jadwal pembayaran vendor. Perancangan aplikasi ini dibuat menggunakan metode perancangan (Unified Modeling Language) UML dan perancangan arsitektur enterprise menggunakan kerangka Zachman . Kata kunci: Jasa Pengiriman, Pencatatan, Sistem Informasi, UML, Zachman

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41814120103
Uncontrolled Keywords: Jasa Pengiriman, Pencatatan, Sistem Informasi, UML, Zachman
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.5 Computer Modeling and Simulation/Model dan Simulasi Komputer > 003.54 Information Theory/Teori Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:42
Last Modified: 03 Nov 2023 03:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83764

Actions (login required)

View Item View Item