ANALISA RUAS JALAN TERHADAP ANTRIAN DAN TUNDAAN DI REL KERETA API (Studi kasus : Jalan Semanan Raya)

ZAVIRA, DIAN (2021) ANALISA RUAS JALAN TERHADAP ANTRIAN DAN TUNDAAN DI REL KERETA API (Studi kasus : Jalan Semanan Raya). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.Cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)

Abstract

The negative impact on traffic movement as well as on the Semanan Raya road section as the study area where there is a direct intersection of a road and a rail road will cause a queue which then automatically delays will also occur. This study aims to determine whether the approach using Shock Wave theory can be used to analyze queue lengths and delays at the intersection of a plot with a railroad crossing. The highest level of road service on Tuesday, May 25, 2021 at 12.00-13.00 produces a degree of saturation of 1.29 so that the service level is in condition F which indicates unstable / stalled and traffic jam conditions. mathematical relationship between volume, velocity and density. From the three models analyzed, it was found that the greenshield model is the best model by looking at the value of the coefficient of determination (R²) which is the largest with a value of R² = 0.951. The longest railway gate closure with a closing duration of 246.0 seconds with a queue length of (Qm) 887.76 meters, the number of vehicles experiencing a queue is 127598.06 and the normalization time required until the queue can be recovered is (T4-T2) 87.44 seconds. Keywords: Road Performance, Degree Of Saturation, Level Of Service Dampak negatif terhadap pergerakan lalu lintas demikian juga terjadi di ruas jalan Semanan Raya sebagai daerah studi yang terjadi persimpangan sebidang jalan dan jalan rel secara langsung hal tersebut akan menimbulkan antrian yang kemudian secara otomatis tundaan juga akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan dengan menggunakan teori Shock Wave dapat digunakan untuk menganalisis panjang antrian dan tundaan pada pertemuan sebidang dengan perlintasan kereta api. Tingkat pelayanan jalan tertinggi pada hari selasa 25 Mei 2021 pukul 12.00- 13.00 menghasilkan derajat kejenuhan 1.29 sehingga tingkat pelayanannya pada kondisi F yang menunjukan kondisi arus tidak stabil/tertahan dan macet. hubungan matematis antara volume, kecepatan dan kepadatan.Dari tiga model yang dianalisa, didapat bahwa model greenshield adalah model terbaik dengan melihat nilai koefisien determinasi (R²) yang terbesar dengan nilai R² = 0.951. Penutupan palang pintu kereta api terlama dengan durasi penutupan 246.0 detik dengan panjang antrian yaitu sebesar (Qm) 887.76 meter, jumlah kendaraan yang mengalami antrian yaitu 127598.06 dan waktu penormalan yang dibutuhkan hingga antrian dapat dipulihkan kembali sebesar (T4-T2) 87.44 detik. Kata Kunci : Kinerja Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Gelombang Kejut

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41117010124
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Gelombang Kejut
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: ASHAIDAH AZLYA PUTRI
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:27
Last Modified: 25 Oct 2023 08:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83293

Actions (login required)

View Item View Item