ANALISIS PERBANDINGAN DAYA DUKUNG FONDASI BORED PILE MENGGUNAKAN DATA HASIL UJI SPT DENGAN HASIL PENGUJIAN DINAMIS PADA PROYEK DOUBLE-DOUBLE TRACK

CAHYANI, JIHAN ANINDYA (2021) ANALISIS PERBANDINGAN DAYA DUKUNG FONDASI BORED PILE MENGGUNAKAN DATA HASIL UJI SPT DENGAN HASIL PENGUJIAN DINAMIS PADA PROYEK DOUBLE-DOUBLE TRACK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

Communities, especially in Jakarta and its surroundings, currently have a fairly high interest in using rail public transportation. The implementation of the construction of the Double-Double Track project was built in an effort to improve rail facility services. The foundation is an important part in a construction which is the link between the upper structure and the lower structure and serves to transmit the load of the structure above it to the subgrade. The strength of the foundation to withstand the load of a construction depends on the bearing capacity of the foundation. Therefore, in the design of the railway flyover, it is very important to carry out an analysis of the bearing capacity of the foundation. To determine the bearing capacity of the bored pile foundation, it is obtained from an analysis using an empirical formula based on the Standard Penetration Test (SPT) test data using the Reese & Wright method and the Meyerhof method. While the dynamic tests used are PDA test and CAPWAP analysis. Based on the analysis of the bearing capacity of the foundation with SPT data using the Reese & Wright method of 862.872 tons and the Meyerhof method of 1696.543 tons. The large lateral bearing capacity using the Broms method by analytical means obtained 578.84 tons. In the consolidation group, the decrease was 44 mm, while for the elastic reduction group, the Reese & Wright method obtained a decrease of 40.24 mm and the elastic decrease in the Meyerhof group obtained a decrease of 43.34 mm. Key Words : Foundation, Bored Pile, Standard Penetration Test (SPT), Bearing Capacity, Consolidation Settlement, Elastic settlemen Masyarakat, khususnya di Jakarta dan sekitarnya saat ini sudah memiliki minat yang cukup tinggi dalam menggunakan transportasi umum kereta api. Pelaksanaan pembangunan proyek Double-Double Track dibangun dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan fasilitas kereta api. Fondasi merupakan bagian penting dalam suatu konstruksi yang menjadi penghubung antara stuktur atas dengan struktur bawah dan berfungsi untuk meneruskan beban struktur di atasnya ke tanah dasar. Kuat atau tidaknya fondasi dalam menahan beban dari suatu konstruksi tergantung pada daya dukung fondasinya. Oleh karena itu, dalam perencanaan jalur layang kereta api ini, sangat penting untuk melakukan analisis mengenai daya dukung fondasinya. Untuk menentukan kapasitas daya dukung fondasi bored pile diperoleh dari analisis menggunakan rumus empiris berdasarkan dari data pengujian Standard Penetration Test (SPT) dengan metode Reese & Wright dan metode Meyerhof. Sedangkan pengujian dinamis yang digunakan adalah PDA test dan analisis CAPWAP. Berdasarkan dari analisis kapasitas daya dukung fondasi dengan data SPT menggunakan metode Reese & Wright sebesar 862.872 ton dan metode Meyerhof sebesar 1696.543 ton. Besar kapasitas daya dukung lateral menggunakan metode Broms dengan cara analitis didapat 578.84 ton. Pada penurunan konsolidasi kelompok didapat besar penurunan 44 mm sedangkan untuk penurunan elastis kelompok metode Reese & Wright didapat hasil penurunan 40.24 mm dan penurunan elastis kelompok metode Meyerhof didapat hasil penurunan 43.34 mm. Kata Kunci : Fondasi, Bored pile, Standard Penetration Test (SPT), Daya dukung, Penurunan konsolidasi, Penurunan elastisitas

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41117010077
Uncontrolled Keywords: Fondasi, Bored pile, Standard Penetration Test (SPT), Daya dukung, Penurunan konsolidasi, Penurunan elastisitas
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: ASHAIDAH AZLYA PUTRI
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:18
Last Modified: 23 Oct 2023 08:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83101

Actions (login required)

View Item View Item