ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI WILAYAH KOTA TANGERANG

ADHIMA, BASTIAN ASAD (2021) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI WILAYAH KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)

Abstract

Road accidents that occur every year make statistical records of accidents in Tangerang city areas vary. In 2019 there were 515 accidents with 40 deaths, 241 serious injuries, and 381 minor injuries. In 2020 road accidents increased from the previous total of 542 road accidents with death tolls reaching 29 people, serious injuries of 346 people, and minor injuries of 286 people (Satlantas Polres Metro Tangerang). Road accident statistics data can be used to conduct studies on road accidents, from several methods used to conduct road accident studies, road accident statistics data is one of the tools that can be used to know the level of discomfort of road accidents. The purpose of this study is to determine the exposed areas of road accidents as well as the factors that cause road accidents on roads in the Tangerang City area with the approach of Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) and Equivalent Property Damage Only (EPDO). So that the location of the areas exposed to accidents can be identified and find appropriate handling strategies to reduce the number of accidents in Tangerang City area. The data used is the data on road accidents from 3 years ago from 2019 to 2021 obtained from Tangerang City Resort Police. In blackspot calculations obtained the highest blackspot on the Daan Mogot highway with total accidents in the last 3 years of 72 accidents with 10 fatalities, 35 severe injuries, 45 minor injuries. The most dominant causative factor of the disorder is the human factor (90%). The most common forms of infringement are that the driver crosses the speed limit, the driver does not place the crosser, and the driver operates a communication device in the form of a telephone while driving. Keywords : Blackspot; Accident prone area; AEK; Equivalent Property Damage Only (EPDO) Kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada setiap tahunnya membuat catatan pada data statistik kecelakaan di wilayah Kota Tangerang beraneka ragam. Tahun 2019 terjadi kecelakaan sebanyak 515 kali dengan korban meninggal sebanyak 40 jiwa, luka berat 241 jiwa, dan luka ringan sebesar 381 jiwa. Tahun 2020 kecelakaan lalu lintas meningkat dari jumlah sebelumnya yaitu sebesar 542 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal mencapai 29 jiwa, korban luka berat 346 jiwa, dan korban luka ringan sebesar 286 jiwa (Satlantas Polres Metro Tangerang). Data statistik kecelakaan lalu lintas dapat digunakan untuk melakukan studi mengenai kecelakaan lalu lintas, dari beberapa metode yang digunakan untuk melakukan studi kecelakaan lalu lintas, data statistik kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu alat yang mampu digunakan untuk mengetahui tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas. Tujuan kajian ini adalah untuk menentukan daerah rawan kecelakaan lalu lintas serta faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan di wilayah Kota Tangerang dengan pendekatan pembobotan Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Equivalent Property Damage Only (EPDO). Sehingga lokasi daerah rawan kecelakaan dapat di identifikasi dan dicarikan strategi penanganan yang tepat guna menekan angka kecelakaan di wilayah Kota Tangerang. Data yang digunakan adalah data kecelakaan lalu lintas 3 tahun terakhir yaitu tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 yang diperoleh dari Polres Metro Kota Tangerang. Pada perhitungan blackspot didapat blackspot tertinggi pada ruas jalan Raya Daan Mogot dengan jumlah kecelakaan dalam 3 tahun terakhir sebanyak 72 kecelakaan dengan korban meninggal 10, luka berat 35, luka ringan 45. Faktor penyebab kecelakan yang paling dominan adalah faktor manusia (90%). Bentuk pelanggaran yang sering terjadi adalah pengemudi melewati batas kecepatan, pengemudi tidak mendahulukan penyeberang, dan pengemudi mengoperasikan alat komunikasi berupa telephone disaat sedang mengemudi. Kata kunci: Blackspot, Daerah rawan kecelakaan, AEK, Equivalent Property Damage Only (EPDO)

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41116110024
Uncontrolled Keywords: Blackspot, Daerah rawan kecelakaan, AEK, Equivalent Property Damage Only (EPDO)
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 323 Civil Rights/Hak-hak Warga Sipil, Hak-hak Warga Negara > 323.4 Civil Rights/Hak-hak Sipil
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: ASHAIDAH AZLYA PUTRI
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:58
Last Modified: 20 Oct 2023 07:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82968

Actions (login required)

View Item View Item