ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA JALAN LOKASI BERADA DI KOTA TANGERANG (Studi Kasus : Jalan KH Hasyim Ashari dan Jalan H Mansyur)

AZMI, NIDA (2021) ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA JALAN LOKASI BERADA DI KOTA TANGERANG (Studi Kasus : Jalan KH Hasyim Ashari dan Jalan H Mansyur). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Road infrastructure that is burdened by high and repetitive traffic volumes will cause a decrease in road quality. As an indicator, it can be seen from the road surface conditions, both structural and functional conditions that are damaged. The condition of the road surface and other road sections needs to be monitored to determine the condition of the road surface that has been damaged. Roads are a very important part of the movement of land transportation modes, so that roads can meet the needs of transportation movement properly, it is necessary to make an effort to keep these roads in good condition so that transportation movements can be maximized. Jalan KH Hasyim Ashari is a primary collector road and Jalan H Mansyur is a secondary collector road that connects industrial areas in Tangerang City with industrial areas in West Jakarta City which are often traversed by heavy vehicles. Based on this description, this study is to analyze the level of damage using the PCI (Pavement Condition Index) method. The method used is PCI (Pavement Condition Index). This method is a numerical index whose values range from 0 to 100. A value of 0 indicates that the pavement is in very bad condition, and a value of 100 indicates that the pavement is perfect. This method is used to evaluate pavement performance and then provide suggestions for improvements according to the 1992 Bina Marga standard (routine maintenance of roads and bridges). Based on the results of data analysis and discussion that has been carried out, on Jalan KH. Hasyim Ashari there are 5 types of damage with the following percentage values: 30% polished aggregate, 19.627% patching and utility, 0.461% edge cracking, and 0.36% pothole. On Jalan H. Masyur there are 8 types of damage with percentage values as follows: 90.71% polished aggregate, 33% divided slab, 2.66% patching large, cracks 1.6875% linear cracking, 0.85% punchout, 0.25% shoulder drop off, 0.15% pothole, and 0.027% popouts. Pavement Condition Index (PCI) Value of Jalan KH. Hasyim Ashari, namely 89.29 (Excellent). Pavement Condition Index (PCI) Value of Jalan KH. Hasyim Ashari, namely 87.39 (Excellent). Suggestions for flexible pavement rehabilitation on Jalan KH. Hasyim Ashari and Jalan H. Mansyur, namely P5 (hole patching). Jalan H. Mansyur, 2 repair methods are needed, namely K1 (expansion gap repair), and K3 (patching). Keywords: Analysis, Road Damage, Pavement Condition Index Method, PCI Prasarana jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadi penurunan kualitas jalan. Sebagai indikatornya dapat diketahui dari kondisi permukaan jalan, baik kondisi struktural maupun fungsionalnya yang mengalami kerusakan. Kondisi permukaan jalan dan bagian jalan lainnya perlu dipantau untuk mengetahui kondisi permukaan jalan yang mengalami kerusakan tersebut. Jalan raya menjadi bagian yang sangat penting dalam pergerakan moda transportasi darat, agar jalan dapat memenuhi kebutuhan pergerakan transportasi dengan baik, maka di perlukan suatu usaha untuk menjaga jalan tersebut dalam kondisi yang baik agar pergerakan transpotasi dapat maksimal. Jalan KH Hasyim Ashari merupakan jalan kolektor primer dan Jalan H Mansyur merupakan jalan kolektor sekunder yang menghubungkan wilayah industri di Kota Tangerang dengan wilayah industri di Kota Jakarta Barat ini sering dilalui oleh kendaraan berat. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini untuk menganalisis tingkat kerusakan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index). Metode yang digunakan adalah PCI (Pavement Condition Index). Metode ini merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukkan perkerasan dalam kodisi sangat rusak, dan nilai 100 menunjukkan perkerasan yang sempurna. Metode ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perkerasan lalu selanjutnya meberikan saran perbaikan sesuai standar Bina Marga 1992 (pemeliharaan rutin jalan dan jembatan). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, pada Jalan KH. Hasyim Ashari terdapat 5 jenis kerusakan dengan nilai persentase sebagai berikut : pengausan agregat (polished aggregate) 30%, tambalan (patching and utility) 19,627%, retak samping jalan (edge cracking) 0,461%, dan lubang (pothole) 0,36%. Pada Jalan H. Masyur terdapat 8 jenis kerusakan dengan nilai persentase sebagai berikut : pengausan agregat (polished aggregate) 90,71%, slab yang terbagi oleh retak (divided slab) 33%, tambalan besar (patching large) 2,66%, retak lurus (linear cracking) 1,6875%, remuk (punchout) 0,85%, penurunan bagian bahu jalan (shoulder drop off) 0,25%, lubang (pothole) 0,15%, dan pelepasan (popouts) 0,027%. Nilai Pavement Condition Index (PCI) Jalan KH. Hasyim Ashari yaitu 89,29 (Excellent). Nilai Pavement Condition Index (PCI) Jalan KH. Hasyim Ashari yaitu 87,39 (Excellent). Saran rehabilitasi perkerasan lentur pada Jalan KH. Hasyim Ashari maupun Jalan H. Mansyur yaitu P5 (penambalan lubang). Jalan H. Mansyur, diperlukan 2 metode perbaikan, yaitu K1 (perbaikan celah ekspansi), dan K3 (penambalan), Kata Kunci : Analisa, Kerusakan Jalan, Metode Pavement Condition Index, PCI

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41115110095
Uncontrolled Keywords: Analisa, Kerusakan Jalan, Metode Pavement Condition Index, PCI
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 323 Civil Rights/Hak-hak Warga Sipil, Hak-hak Warga Negara > 323.4 Civil Rights/Hak-hak Sipil
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: ASHAIDAH AZLYA PUTRI
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:32
Last Modified: 20 Oct 2023 06:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82939

Actions (login required)

View Item View Item