PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH DASAR ISLAM HARAPAN IBU DI PONDOK PINANG Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat dalam Gelar Sarjana Strata Satu (S1)

KINANTI, KEZIA BUNGA (2023) PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH DASAR ISLAM HARAPAN IBU DI PONDOK PINANG Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat dalam Gelar Sarjana Strata Satu (S1). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (340kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Education programs in Indonesia continue to grow from time to time. Especially at the elementary school (SD) level which is the place of transition and development process from kindergarten (TK). Primary School is basically a six-year educational institution for children aged 6-12 years. (Suharjo, 2006). Nowadays elementary school children will have more time in their classrooms. With this design, seeing the length of time students are in the room is feared to be a problem if they do not have a good functional and effective learning process. The focus of this design is to study and pay attention to an interior design to create a modern and functional space and create facilities that suit the needs of students, so as to increase enthusiasm and creativity in elementary school (SD) children. Harapan Ibu Pondok Pinang Islamic Elementary School is a private formal elementary school based on religion because in its curriculum added Qur'an education and Islamic creed with quality location and facilities that are very supportive, attention to regional and architectural arrangement is very good but has not been paid much attention to Interior spatial arrangement. In order to create a maximum atmosphere in carrying out activities at school, of course, it requires facilities or facilities and infrastructure that support. This study uses descriptive qualitative method by describing a detailed picture at Harapan Ibu Pondok Pinang Islamic Elementary School. In this design, the author chose Harapan Ibu Pondok Pinang Islamic Elementary School as the object of design because of the observation that Harapan Ibu Pondok Pinang Islamic Elementary School did not create a functional and modern space. And the result of this design will create a modern Islamic Elementary School in Pondok Pinang with functional attention to space. Keywords : Elementary, Modern, Functional, Religious Schools Program pendidikan di negara Indonesia terus semakin berkembang dari masa ke masa. Khusus nya pada tingkat Sekolah Dasar (SD) yang menjadi tempat proses peralihan dan perkembangan dari Taman Kanak-kanak (TK). Sekolah Dasar pada dasarnya merupakan lembaga pendidikan enam tahun bagi anak-anak usia 6-12 tahun. (Suharjo, 2006). Saat ini anak-anak Sekolah Dasar (SD) akan memiliki lebih banyak waktu di dalam ruang kelas mereka. Dengan adanya perancangan ini melihat lamanya waktu siswa di dalam ruangan di khawatirkan menjadi suatu masalah jika tidak memiliki fungsional yang baik dan proses pembelajaran yang efektif. Fokus perancangan ini adalah mengkaji dan memperhatikan sebuah rancangan interior untuk menciptakan ruang yang modern dan fungsional serta menciptakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa/i, sehingga bisa meningkatkan semangat dan kreatifitas pada anak Sekolah Dasar (SD). Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu Pondok Pinang merupakan sekolah dasar formal swasta yang berbasis religi karena di dalam kurikulumnya ditambahkan pendidikan al-qur’an dan akidah islam dengan kualitas lokasi dan sarana yang sangat mendukung, perhatian terhadap penataan kawasan dan arsitektural sudah sangat baik namun belum begitu terperhatikan dalam penataan ruang Interior. Demi terciptanya suasana yang maksimal dalam melaksanakan kegiatan di sekolah, tentunya membutuhkan fasilitas atau sarana dan prasana yang menunjang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menguraikan gambaran secara mendetail pada Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu Pondok Pinang. Pada perancangan ini, penulis memilih Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu Pondok Pinang sebagai objek perancangan dikarenakan dari hasil observasi bahwa Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu Pondok Pinang kurang menciptakan ruang yang fungsional dan modern. Dan hasil dari perancangan ini akan menciptakan sebuah Sekolah Dasar Islam di Pondok Pinang yang modern dengan memperhatikan fungsional pada ruang. Kata Kunci : Sekolah Dasar, Modern, Fungsional, Religi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DI. 23 012
NIM/NIDN Creators: 41719010014
Uncontrolled Keywords: Sekolah Dasar, Modern, Fungsional, Religi
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 726 Buildings for Religious Architecture/Arsitektur Bangunan Keagamaan > 726.5 Church Architecture/Arsitektur Gereja > 726.51 Design, Decoration, Construction of Structural Elements/Desain, Dekorasi, Struktur
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 747 Interior Decoration/Dekorasi Interior, Desain Interior
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Interior
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:26
Last Modified: 20 Oct 2023 03:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82910

Actions (login required)

View Item View Item