PERANCANGAN SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA UMKM YETTY FLORIST DI DKI JAKARTA

FIRDAUS, FERDIANYSAH (2023) PERANCANGAN SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA UMKM YETTY FLORIST DI DKI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01. COVER.pdf

Download (353kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
08. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)

Abstract

In the era of dynamic and fast technology and information, social media has become one of the most important instruments in marketing communication. At this time, the use of social media is not only a communication tool, but has turned into a tool for effective promotion and marketing in reaching a wider audience and forming a good relationship between the Company and the audience through interactive social media accounts. The SME’s that is the subject of research is Yetty Florist SME, this SME’s has been established for 30 years. The problems experienced by Yetty Florist MSMEs are the lack of marketing strategies, not using social media as a promotional tool, and a lack of understanding of digital media. Therefore, the author as Social Media Marketing conducts social media marketing activities such as forming branding, establishing social media and social media management, analysing trend content, creating captions and hashtags, and creating highlights on Instagram accounts. The research method that the author and the TAPN team applied was the interview method. By dialogue with partners to get detailed information about the problems they want to solve. Our goal in forming this TAPN team is that we hope to help the SME’s owner solve the problems he is facing and can increase brand awareness of Yetty Florist. After providing assistance for approximately 7 months (in the JanuaryJuly period) through online activities, there was an increase in brand awareness and followers on Instagram social media accounts through promotions and marketing strategies that were carried out. And with this the audience on Instagram has become more frequent in visiting the @yettyflorist27 Instagram account and the visibility of the Instagram account of the account has also increased. Keywords: Naming, marketing, Instagram, awareness, SME Di zaman teknologi dan informasi yang dinamis dan cepat, media sosial menjadi salah satu instrument yang sangat penting dalam komunikasi pemasaran. Pada saat ini penggunaan media sosial bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, namun beralih menjadi alat untuk melakukan promosi dan pemasaran yang efektif dalam menjangkau khalayak yang lebih luas dan membentuk hubugan baik antara Perusahaan dengan khalayak melalui akun media sosial yang interaktif. UMKM yang menjadi subjek penelitian yaitu UMKM Yetty Florist, UMKM ini sudah lama berdiri semenjak 30 tahun lalu. Permasalahan yang dialami oleh UMKM Yetty Florist ialah kurangnya strategi pemasaran, tidak menggunakan media sosial sebagai alat bantu promosi, dan kurangnya pemahaman mengenai media digital. Oleh sebab itu penulis sebagai Social Media Marketing melakukan kegiatan pemasaran media sosial seperti membentuk penjenamaan, pembentukan sosial media dan pengelolaan media sosial, analisa konten tren, pembuatan caption dan hashtag, serta pembuatan highlight pada akun Instagram. Metode penelitan yang penulis dan tim TAPN terapkan yaitu metode wawancara. Dengan berdialog dengan mitra untuk mendapatkan informasi detail mengenai permasalahan yang ingin di selesaikan. Tujuan kami dibentuknya tim TAPN ini ialah kami mengharapkan dapat membantu pemilik UMKM tersebut dapat menyelesaikan masalah yang sedang ia hadapi serta dapat meningkatkan brand awareness dari Yetty Florist. Setelah dilakukan pendampingan selama kurang lebih 7 bulan (dalam periode januari-juli) melalui kegiatan secara daring, terjadinya peningkatan brand awareness dan juga pengikut di akun media sosial Instagram melalui promosi dan strategi pemasaran yang dijalankan. Serta dengan ini para khalayak di Instagram menjadi lebih sering mengunjungi akun Instagram @yettyflorist27 dan visibilitas dari akun Instagram dari akun tersebut ikut meningkat Kata Kunci: Penjenamaan, pemasaran, Instagram, awareness, UMKM

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 23 054
Call Number: SK/43/23/038
NIM/NIDN Creators: 44319010004
Uncontrolled Keywords: Penjenamaan, pemasaran, Instagram, awareness, UMKM
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 04 Nov 2023 03:36
Last Modified: 04 Nov 2023 03:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82892

Actions (login required)

View Item View Item