PERANCANGAN BUKU PENGENALAN HURUF HIJAIYAH SEBAGAI MEDIA BAHAN AJAR UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN

KAMILA, MARYAM (2023) PERANCANGAN BUKU PENGENALAN HURUF HIJAIYAH SEBAGAI MEDIA BAHAN AJAR UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (363kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB VI)
08 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

The book "Yuk! Belajar Huruf Hijaiyah" was created as a media teaching material for teachers and parents who want to introduce Hijaiyah letters to children aged 4- 6 years with methods that are easy for children to remember and illustrations that attract children's attention. The learning method used in this book is the association method, namely by using an image as a letter association and using the name of an object as the key word. Meanwhile, the illustrations used in this book use 3D cartoon illustrations. The design work produced in the form of a printed book that uses hardcover and thick Art Paper so that the possibility of the paper being folded or torn by children are smaller and the durability of the book is more maintained. This paper also has shiny characteristics so that the 3D illustrations shown look more attractive. Keywords: Hijaiyah Letters, Education, Early Childhood Buku “Yuk! Belajar Huruf Hijaiyah” merupakan suatu perancangan yang dibuat sebagai media bahan ajar untuk guru dan orangtua yang ingin mengenalkan huruf Hijaiyah kepada anak usia 4-6 tahun dengan metode yang mudah diingat anak serta ilustrasi yang menarik perhatian anak. Metode pembelajaran yang digunakan di dalam buku ini adalah metode asosiasi, yaitu dengan menggunakan suatu gambar sebagai asosiasi huruf serta menggunakan nama suatu benda tersebut sebagai kata kuncinya. Sementara untuk ilustrasi yang digunakan di dalam buku ini menggunakan ilustrasi kartun 3D. Hasil karya desain yang dihasilkan berupa sebuah buku cetak yang menggunakan hardcover dan kertas Art Paper yang tebal sehingga kemungkinan untuk kertas terlipat atau sobek oleh anak lebih kecil dan ketahanan buku lebih terjaga. Kertas ini juga memiliki karakteristik berkilau sehingga ilustrasi 3D yang ditampilkan terlihat lebih menarik. Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Pendidikan, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 23 027
Call Number: SDSK/23/23/028
NIM/NIDN Creators: 42319110030
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah, Pendidikan, Anak Usia Dini
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.5 Reading and Use of Other Information Media by Young People/Bacaan Anak dan Remaja > 028.53 Reading and Use of Other Information Media by Specific Age Groups/Bacaan Anak dan Remaja Menurut Kelompok Usia Tertentu
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 28 Oct 2023 02:23
Last Modified: 28 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82729

Actions (login required)

View Item View Item