ARYANTI, ANINDYA SEKAR (2020) PENGARUH MUATAN BERLEBIH TERHADAP USIA PEKERASAN JALAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN KERAWANG TIMUR 1 - CIPULARANG). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 cover.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Jalan Karawang - Cikampek is a toll road that runs from Cawang to Cikampek. This toll road is part of the National road, the Jakarta-Palimanan Toll Road Section (189 km). Road damage that occurred on the Karawang-Cikampek Road section especially the East Kerawang 1 - Cipularang Road along 11.93km was caused by the continued increase in the volume of vehicles passing through the road section and vehicles passing the road often carried overloads which affected overload pavement. Street. The method used is the liddle formula with the formula K referring to Bina Marga, first a traffic counting survey was conducted on the road section reviewed to obtain LHR data, then calculate the normal ESAL with normal configuration and load based on the Circular of the Director General of Land Transportation No. SE.02 / AJ.108 / DRJD / 2008. After that, calculate the simulation load. Then the normal ESAL and Overloading figures are cumulative to CESA. To calculate the CESA overloading, the ESAL overloading number can be obtained and then the remaining life of the road pavement service can be obtained. For normal load conditions the service life is 20 years. For simulation conditions, the burden of overloading is 50% up to 100%, the planned age is not more than five years. For the most efficient configuration is the truck with a configuration of 1222 because the increase in the ESAL due to overload is not significant. key word: Overloading, ESAL, remaining life, excessive load. Ruas Jalan Karawang - Cikampek merupakan ruas jalan tol yang membentang dari Cawang menuju Cikampek. Jalan tol ini merupakan bagian dari jalan Nasional yaitu Ruas Tol Jakarta-Palimanan (189 km). Kerusakan jalan yang terjadi pada ruas Jalan Karawang-Cikampek khususnya Ruas Kerawang Timur 1 – Cipularang sepanjang 11.93km disebabkan oleh terus meningkatnya volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut dan kendaraan-kendaaraan yang melewati jalan tersebut seringkali membawa beban berlebih (overload) sehingga mempengaruhi usia perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah dengan rumus liddle dengan anngka K mengacu pada Bina Marga, pertama dilakukkan survei traffic counting pada ruas jalan yang ditinjau untuk mendapatkan data LHR, kemudian menghitung ESAL normal dengan konfigurasi dan beban normal berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. SE.02/AJ.108/DRJD/2008. Setelah itu menghitung simulasi pembebanannya. Kemudian angka ESAL normal dan Overloading dikomulatifkan menjadi CESA. Untuk menghitung CESA overloading angka yang digunakan adalah angka ESAL overloadingnya lalu bisa didapat sisa umur pelayanan perkerasan jalan. Untuk kondisi beban normal umur pelayanan sebesar 20 tahun. Untuk kondisi simulasi beban overloading 50% sampai dengan 100% umur rencana tidak lebih dari lima tahun. Untuk konfigurasi yang paling efiesien adalah truk dengan konfigurasi 1.222 karena kenaikan angka ESAL akibat beban berlebih tidak signifikan. Kata kunci: Overloading, ESAL, pengurangan umur, beban berlebih.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41117110148 |
Uncontrolled Keywords: | Overloading, ESAL, pengurangan umur, beban berlebih. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 323 Civil Rights/Hak-hak Warga Sipil, Hak-hak Warga Negara > 323.4 Civil Rights/Hak-hak Sipil 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 02:31 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 02:31 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82541 |
Actions (login required)
View Item |