PEMBUATAN CONTENT MARKETING UMKM BREED LEATHER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK

SURYANALA, ROLAND DASA CAHYA (2023) PEMBUATAN CONTENT MARKETING UMKM BREED LEATHER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi komunikasi dan informasi selalu berkembang dengan pesat seiring dengan kemajuan pemikiran serta kebutuhan manusia. Internet dan media sosial menjadi wadah penting bagi para marketers untuk memasarkan berbagai produknya. Saat ini, media sosial tidak hanya berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi semata, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk mempromosikan serta memperkenalkan suatu produk atau jasa agar dapat lebih dikenal dan diketahui oleh publik secara lebih luas. Salah satunya seperti yang UMKM Breeds Leather sebagai salah satu merek usaha kerajinan tangan yang berbahan dasar kulit sapi lakukan. Mengingat perkembangan UMKM sedang mengalami peningkatan yang cukup baik, terlebih pada sektor kriya atau seni kerajinan tangan, maka diperlukan sebuah pemasaran produk melalui media sosial agar dapat dikenal dan diketahui oleh publik secara lebih luat. Oleh karena itu, diperlukan usaha pemasaran digital (digital marketing) untuk meningkatkan brand image maupun penjualan produk dari UMKM Breeds Leather, salah satunya melalui media sosial Instagram. Dimulai dengan menetapkan strategy marketing yang akan dilakukan, melakukan foto produk untuk memperlihatkan kualitas, pembuatan desain untuk memperkuat karakter merek, serta pembuatan copywriting untuk menginformasikan produk secara lebih detail. Pembuatan content marketing yang dilakukan pada UMKM Breeds Leather di media sosial Instagram merupakan sebuah usaha untuk meningkatkan kesadaran merek agar dapat lebih dikenal oleh publik secara lebih luas. Hal tersebut dapat memberikan manfaat yang cukup signifikan untuk dapat menjangkau publik. Sehingga, pemanfaatan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan produk seperti saat ini merupakan suatu hal yang patut untuk dilakukan oleh seluruh UMKM dalam memperkenalkan kesadaran mereknya. Kata Kunci : content marketing, UMKM, kesadaran merek, media sosial The development of communication and information technology is constantly overgrowing, following the development of human thought and needs, especially the internet and social media, which are essential platforms for marketers to market their various products. Currently, social media not only functions as a means of exchanging information but can also be used as a forum to promote and introduce a product or service to be better known and known by the wider public. One of them is what Breeds Leather SMEs do as one of the brands for handicrafts made from cowhide. Considering that the development of MSMEs is experiencing a pretty good increase, especially in the craft or handicraft sector, product marketing is needed through social media to be known and known by the public more broadly. Therefore, digital marketing efforts (digital marketing) are needed to improve the brand image, and product sales of MSME Breeds Leather through Instagram social media. It starts with determining the marketing strategy that will be carried out, taking product photos to show quality, making designs to strengthen brand character, and making copywriting to inform products in more detail. The creation of content marketing carried out on Breeds Leather SMEs on Instagram social media is an effort to increase brand awareness so that the wider public can better know it. It can provide significant benefits for reaching the public. Thus, social media as a forum to promote products as it is today is something that all MSMEs should do in introducing their brand awareness. Key Words: Content Marketing, MSME, Brand Awareness, Social Media

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 23 043
NIM/NIDN Creators: 44315010013
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, MSME, Brand Awareness, Social Media
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 14 Oct 2023 07:40
Last Modified: 14 Oct 2023 07:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82511

Actions (login required)

View Item View Item