REPRESENTASI MAKNA MOTIVASI DALAM PERSONAL BRANDING PUTRI TANJUNG DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

AHMAD, ALFIRA AULIA (2021) REPRESENTASI MAKNA MOTIVASI DALAM PERSONAL BRANDING PUTRI TANJUNG DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

Social media is a means of communicating and the most accessed media is Instagram. The use of Instagram is not just a medium of communication. However, it is a place to build self- image or personal branding. One of the self-images can be seen from work and family backgrounds. An active user on the social media Instagram is Putri Tanjung, she is a young CEO who is active in the entrepreneurial field. The skills they have have provided several achievements, one of which is being a special staff for the millennial president in Indonesia. The activities carried out are often immortalized through Instagram uploads @putri_tanjung. The purpose of this research is to find out and examine the representation of the meaning of motivation in Putri Tanjung's personal branding on Instagram social media. The paradigm used in this research is constructivist, with a descriptive type of research, and a qualitative approach research method using Ferdinand de Saussure's semiotic theory. The object of research is the moment content contained in the Instagram account @Putri_tanjung. The results of this study discuss the components of personal branding that Putri Tanjung does in shaping her self-image, by selecting 4 contents that show Putri Tanjung's work background. With strong personal branding, every content uploaded on Instagram @putri_tanjung has a motivational meaning in it. The motivation that is informed falls into the Intrinsic motivation category, because the greatest motivation lies within oneself. So that as a child who has a rich family background, Putri Tanjung remains a simple, professional person with values and is able to manage her time well. Keywords: Instagram content, personal branding, motivation Media sosial merupakan sarana untuk berkomuniasi dan media yang paling banyak diakses adalah media sosial Instagram. Penggunaan Instagram tidak hanya sekedar media komunikasi saja. Namun, menjadi tempat untuk membangun citra diri atau personal branding . Citra diri bisa di lihat salah satunya dari latar belakang pekerjaan maupun keluarga. Pengguna yang aktif di media social Instagram adalah Putri Tanjung, ia merupakan seorang CEO yang masih muda dan aktif di bidang entrepreneur. Keterampilan yang dimiliki memberikan beberapa prestasi yang di dapatkan salah satunya menjadi staff khusus presiden milenial di Indonesia. Dalam kegiatan yang dilakukan sering diabadikan melalui unggahan instagram @putri_tanjung .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji representasi makna motivasi dalam personal branding Putri Tanjung di media sosial Instagram. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis, dengan tipe penelitian deskriptif, dan metode penelitian pendekatan kualitatif menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure. Objek penelitiannya adalah konten momen yang terdapat dalam akun Instagram @Putri_tanjung. Hasil penelitian ini membahas komponen personal branding yang dilakukan Putri Tanjung dalam membentuk citra diri,dengan memilih 4 konten yang memperlihatkan latar belakang pekerjaan Putri Tanjung. Adanya personal brandingnya yang kuat, maka setiap konten yang diunggah di Instagram @putri_tanjung memiliki makna motivasi didalamnya. Motivasi yang di informasikan masuk ke dalam kategori motivasi Intrinsik, karena motivasi terbesar berada di dalam diri sendiri. Sehingga sebagai seorang anak yang memiliki latar belakang keluarga yang kaya , Putri Tanjung tetap menjadi pribadi yang sederhana, profesional dengan memiliki nilai serta mampu mengelola waktu dengan baik. Kata kunci : Konten instagram,personal branding,motivasi

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217010076
Uncontrolled Keywords: Konten instagram,personal branding,motivasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:45
Last Modified: 13 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82453

Actions (login required)

View Item View Item