ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN METODE AHP PADA PERUSAHAAN PETERNAKAN AYAM DI TANGERANG

NANDA, DEVYA DESTA (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN METODE AHP PADA PERUSAHAAN PETERNAKAN AYAM DI TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 01 COVER.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 02 Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
41618310050 - DEVYA DESTA NANDA - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa produksi telur ayam mencapai 5,57 juta ton pada tahun 2022, dan mengalami kenaikan sebesar 7,96 % dari tahun sebelumnya. Banten sendiri menyumbang produksi telur sebanyak 318.552,40 ton. Rata-rata konsumsi telur mencapai 2,336 kilogram per kapita per minggu. Data yang ada membuktikan bahwa sektor usaha telur ayam diprediksi mengalami peningkatan setiap tahunnya karena konsumsi telur ayam yang dapat selalu meningkat. Penelitian dilakukan pada sebuah perusahaan peternakan ayam yang berlokasi di Tangerang dengan fokus penjualan pada wilayah Jabodetabek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran penjualan telur pada perusahaan peternakan ayam serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran tersebut. Dengan menentukan faktor internal dan faktor eksternal perusahaan, untuk kemudian dianalisis dan dikelompokkan kedalam faktor Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), dan juga Ancaman (Threats). Kemudian dari hasil analisis SWOT tersebut diubah menjadi data kuantitatif yang kemudian dapat dilakukan perhitungan dengan Metode AHP (Analitycal Hierarchy Process). Dari Hasil penelitian didapat bahwa nilai tertinggi dari perhitungan dengan AHP yaitu sebesar 0.251876 dengan strateginya adalah strategi memperluas saluran distribusi penjualan telur ayam, dengan rencana untuk memasuki supermarket-supermarket yang belum dimasuki di wilayah Jabodetabek dan memperbanyak agen atau mitra bisnis untuk penjualan telur ayam. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Metode AHP, Perusahaan Peternakan Ayam Data from the Central Bureau of Statistics (BPS) states that chicken egg production will reach 5.57 million tons in 2022, an increase of 7.96% from the previous year. Banten itself contributed 318,552.40 tons of egg production. The average consumption of eggs reaches 2.336 kilograms per capita per week. Existing data proves that the chicken egg business sector is predicted to increase every year because consumption of chicken eggs can always increase. The research was conducted at a chicken farming company located in Tangerang with a sales focus on the Greater Jakarta area. This study aims to analyze the marketing strategy of selling eggs to chicken farming companies and to find out what factors influence this marketing strategy. By determining the company's internal and external factors, to then be analyzed and grouped into Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats. Then the results of the SWOT analysis are converted into quantitative data which can then be calculated using the AHP (Analitycal Hierarchy Process) Method. From the results of the study it was found that the highest value from the calculation with AHP was 0.251876 with the strategy being a strategy to expand the distribution channel for selling chicken eggs, with plans to enter supermarkets that have not been entered in the Jabodetabek area and increase the number of agents or business partners for selling chicken eggs. Keywords: Marketing Strategy, SWOT Analysis, AHP Methods, Chicken Farming Companies

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND 23 031
NIM/NIDN Creators: 41618310050
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Metode AHP, Perusahaan Peternakan Ayam
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:10
Last Modified: 02 Oct 2023 04:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81735

Actions (login required)

View Item View Item