ANALISIS TEMA FANTASI PADA KOMUNIKASI KELOMPOK PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS;BANG-BANG SQUAD OLDSCHOOLRAP

JESSICA MANUHUTU, ARETHA (2023) ANALISIS TEMA FANTASI PADA KOMUNIKASI KELOMPOK PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS;BANG-BANG SQUAD OLDSCHOOLRAP. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
44118210043 - ARETHA JESSICA MANUHUTU - 01 COVER.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44118210043-ARETHA JESSICA MANUHUTU- ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
44118210043 - ARETHA JESSICA MANUHUTU - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
44118210043 - ARETHA JESSICA MANUHUTU - O3 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
44118210043 - ARETHA JESSICA MANUHUTU - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
44118210043 - ARETHA JESSICA MANUHUTU - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
44118210043 - ARETHA JESSICA MANUHUTU - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
44118210043 - ARETHA JESSICA MANUHUTU - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
44118210043 - ARETHA JESSICA MANUHUTU - 08 LAMPIRAN TRANSKIP WAWANCARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang memberikan dampak yang cukup besar bagi pengguna game, khususnya pada komunikasi kelompok Game Online Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Tujuan pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil tema fantasi pada komunikasi kelompok pemain game online. Teori Konvergensi Simbolik menjadi teori yang relevan untuk mendukun penelitian ini. Secara teoretis, Bormann (1972, 1985) meyakini bahwa Konvergensi Simbolik mampu menciptakan, menata dan mendorong individu-individu dalam sebuah proses pertukaran pesan dalam kelompok untuk mencapai perasaan dan tindakan yang sama. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode kualitatif dengan perspektif analisis tema fantasi. Data primer dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada 2 informan, sementara data sekunder didapatkan melalui kajian pustaka yaitu buku-buku, literatur serta situs-situs internet, serta menggunakan triangulasi sumber dan metode yang memiliki relevansi kuat dengan objek penelitian Hasil penelitian ini adalah peneliti menemukan tiga dari empat konse dalam analisis tema fantasi yakni tema fantasi, rantai fantasi, dan tipe fantasi terbentuknya tema-tema fantasi dari hasil komunikasi yang berbentuk dramatisasi pesan, permainan kata dan interaksi yang intens kelompok bermain tersebut, yang menghasilkan slogan, julukan, serta inside joke. Hasil Pembentukan tema fantasi dapat dipergunakan untuk memelihara kohesivitas kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD 23 005
NIM/NIDN Creators: 44118210043
Uncontrolled Keywords: Game Online, Komunikasi Kelompok, Konvergensi Simbolik, Tema Fantasi, Kohesivitas Kelompok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:43
Last Modified: 20 Sep 2023 02:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81157

Actions (login required)

View Item View Item