AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Erajaya Swasembada Tbk Tahun 2023 )

AMBARINI, PUTRI (2023) AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Erajaya Swasembada Tbk Tahun 2023 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44218120015-Putri Ambarini-01 Cover - Putri Ambarini.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
44218120015-Putri Ambarini-02 Abtrsak - Putri Ambarini.pdf

Download (716kB)
[img] Text (Bab 1)
44218120015-Putri Ambarini-03 Bab 1 - Putri Ambarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
44218120015-Putri Ambarini-04 Bab 2 - Putri Ambarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3)
44218120015-Putri Ambarini-05 Bab 3 - Putri Ambarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
44218120015-Putri Ambarini-06 Bab 4 - Putri Ambarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab 5)
44218120015-Putri Ambarini-07 Bab 5 - Putri Ambarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44218120015-Putri Ambarini-08 Daftar Pustaka - Putri Ambarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text (Lampiran)
44218120015-Putri Ambarini-09 Lampiran - Putri Ambarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Form pernyataan)
02-Form Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir - Putri Ambarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Melihat kondisi beberapa tahun belakangan sejak adanya pandemic dan banyaknya perusahaan yang mengalami kegagalan untuk bertahan dan berkembang, serta banyakanya kondisi perusahaan yang tidak stabil, Erajaya menjadi salah satu perusahaan yang tidak luput dari kondisi sulit pada masa itu. Tahun 2023 menjadi awal Erajaya kembali menjalani bisnisnya dengan normal baik itu program kerja, operasional karyawan, maupun kebijakan kerja perusahaan, dan sampai ditahun ini juga kondisi karyawan Erajaya dapat dikatakan stabil. Dalam menjalankan organisasi salah satu faktor penting adalah komunikasi yang baik dapat berdampak pada hal-hal yang akan membawa arah organisasi tersebut yang akan berjalan sesuai dengan arah dan tujuannya, hal ini juga akan berdampak pada loyalitas karyawan. Sebaliknya, komunikasi yang kurang baik akan berdampak negatif pada organisasi tersebut seringnya terjadi miskomunikasi yang juga akan berdampak pada loyalitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi internal dalam membangun loyalitas karyawan PT Erajaya Swasembada Tbk dan apa faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam pola komunikasi internal dalam membangun loyalitas karyawan PT Erajaya Swasembada Tbk. Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah subjek yang menguasai, memahami, dan terlibat dalam strategi komunikasi internal perusahaan saat ini dan subjek yang menguasai dan bukan sekedar mengetahui, tetapi juga menghayati proses pelaksanaan komunikasi internal perusahaan saat ini. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivis, untuk informan utama penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang dari karyawan PT Erajaya Swasembada TBK. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan métode analisis data interaktif dengan cara mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas komunikasi yang dilakukan di PT. Erajaya Swasembada Tbk menggunakan Komunikasi internal yang dilakukan meliputi vertical, horizontal, diagonal. Kata Kunci : Komunikasi Internal, Organisasi, Loyalitas Looking at the conditions in recent years since the pandemic and also the many companies that have failed to survive and develop, as well as the many unstable company conditions, Erajaya too became one of the companies that did not escape the difficult conditions at that time. 2023 is the beginning of Erajaya returning to normal business, both work programs, employee operations, and company work policies, and until this year the condition of Erajaya's employees can be said to be stable. In running an organization, one important factor is that good communication can have an impact on things that will bring the direction of the organization that will run in accordance with its direction and goals, this will also have an impact on employee loyalty. Conversely, poor communication will have a negative impact on the organization, frequent miscommunication will also have an impact on employee loyalty. This study aims to determine internal communication activities in building employee loyalty of PT Erajaya Swasembada Tbk and what are the inhibiting and supporting factors faced in internal communication patterns in building employee loyalty of PT Erajaya Swasembada Tbk. The type of this research conducted is qualitative research. The subject of this research is a subject who have a good grip in communication, understands, and is involved in the company's current internal communication strategy and a subject who understand and not only knows, but also internalizes the process of implementing the company's current internal communication. Paradigm of this research uses constructivists paradigm, main source in this research consisted of up 6 (six) people from employees of PT Erajaya Swasembada TBK. The research data was obtained through in-depth interviews. The data analysis techniques in this study use interactive data analysis methods by reducing data, collecting data, presenting data, and drawing conclusions. The results mainly show communication activity carried out PT. Erajaya Swasembada Tbk uses internal communication that is carried out covering vertical, horizontal, diagonal. Keyword : Internal Communication, Organization, Loyalty

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218120015
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Organisasi, Loyalitas Internal Communication, Organization, Loyalty
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ALFINA DHEA NOVA
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:36
Last Modified: 19 Sep 2023 04:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81097

Actions (login required)

View Item View Item