EVALUASI KINERJA JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) JALAN SALEMBA RAYA (STUDI KASUS : JPO PLASA KENARI MAS)

Martin, Yudi (2023) EVALUASI KINERJA JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) JALAN SALEMBA RAYA (STUDI KASUS : JPO PLASA KENARI MAS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
41121110006-Yudi Martin-Cover.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41121110006-Yudi Martin-03 ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
41121110006-Yudi Martin-04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2)
41121110006-Yudi Martin-05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
41121110006-Yudi Martin-06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (BAB 4)
41121110006-Yudi Martin-07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text (BAB 5)
41121110006-Yudi Martin-08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41121110006-Yudi Martin-09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41121110006-Yudi Martin-10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fasilitas yang tersedia bagi pejalan kaki untuk menyeberang yaitu Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Selain faktor kenyamanan dan keamanan, faktor utama yang harus diperhatikan dalam penyediaan fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki yaitu keterjangkauan JPO tersebut. Survei penelitian ini dilakukan di JPO Kawasan Pasar Kenari dan Plasa Kenari Mas yang berada di wilayah Jalan Salemba Raya. JPO tersebut merupakan salah satu akses penghubung jalan bagi warga sekitar. Fenomena perilaku pejalan kaki dalam menyeberang jalan, umumnya belum menunjukan pemanfaatan fasilitas secara optimal, khususnya pada penggunaan fungsi JPO sebagai penghubung jalan. Penelitian ini menggunakan metode survei dan analisis yang dilakukan di JPO Kawasan Pasar Kenari pada bulan November-Desember 2022. Penelitian ini melakukan wawancara pada 100 orang pejalan kaki di JPO tersebut dan 25 orang pejalan kaki melalui jalan penyeberangan. Penelitian ini memiliki tingkat efektivitas yang sesuai dengan standar efektivitas JPO sebesar 75,95 dan 67.33 %. Tingkat pelayanan JPO untuk kategori arus, ruang pagi dan sore, serta kecepatan masuk kedalam kategori LOS A, sedangkan kategori ruang siang masuk kedalam kategori LOS B. Tingkat pelayanan dari segi volume kendaraan masuk kedalam kategori LOS C, LOS D, LOS E, dan LOS F. Tingkat pelayanan dari segi kecepatan kendaraan masuk kedalam kategori LOS D. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, disarankan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dapat menutup total perlintasan jalur jalan yang sering digunakan oleh pejalan kaki agar beralih menggunakan jembatan penyeberangan. Selain itu, dibutuhkan telaah dan diskusi lebih lanjut untuk mengkaji kembali mengenai kebijakan perencanaan jembatan penyeberangan orang. Kata kunci : JPO, Efektivitas, Karakteristik, Survey, Kebijakan

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41121110 006
Uncontrolled Keywords: JPO, Efektivitas, Karakteristik, Survey, Kebijakan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil > 624.2 Bridges Engineering/Teknik Jembatan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil > 624.5 Suspension Bridges/Jembatan Gantung
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.9 Other Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum Lainnya > 725.98 Bridges, Tunnels, Moats/Jembatan, Terowongan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 16 Sep 2023 03:52
Last Modified: 16 Sep 2023 03:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80994

Actions (login required)

View Item View Item