STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JUNI PARK DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

Diarsa, Jasmine Shofia (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JUNI PARK DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_01 Cover - Jasmine Shofia.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_02 Abstrak - Jasmine Shofia.pdf

Download (605kB)
[img] Text (Bab 1)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_03 Bab 1 - Jasmine Shofia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (Bab 2)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_04 Bab 2 - Jasmine Shofia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_05 Bab 3 - Jasmine Shofia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text (Bab 4)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_06 Bab 4 - Jasmine Shofia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab 5)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_07 Bab 5 - Jasmine Shofia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_08 Daftar Pustaka - Jasmine Shofia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (Lampiran)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_09 Lampiran - Jasmine Shofia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Form pernyataan)
44320120015_Jasmine Shofia Diarsa_11 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Jasmine Shofia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di sebuah coffeeshop di daerah Bekasi Selatan yakni Juni Park. Juni Park merupakan sebuah coffeeshop yang berlokasi di Bekasi Selatan memiliki keunikan tersendiri dengan branding Islami. Juni Park menjalankan bisnis dengan berdakwah, yakni setiap kegiatan bisnisnya diikuti dengan nilai-nilai islam seperti tidak ada penggunaan musik, mengadakan kajian dan aktivitas Islami lain. Seiring dengan berkembangnya bisnis coffeeshop, para pelaku bisnis perlu memiliki diferensiasi dan positioning yang jelas dari brand agar konsumen dapat membedakan dengan competitor lainnya. Brand awareness memainkan peran penting dalam menghasilkan daya tarik dan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi komunikasi yang efektif dalam membangun brand awareness untuk Juni Park. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam kepada pemilik dan admin Juni Park, serta observasi langsung terhadap aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Juni Park. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan analisis kualitatif untuk mengidentifikasi pola dan tema dalam strategi komunikasi pemasaran yang diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Juni Park mengadopsi beberapa strategi komunikasi pemasaran yang efektif dalam membangun brand awareness. Strategi tersebut meliputi penggunaan media sosial sebagai saluran utama untuk berkomunikasi dengan konsumen, konten kreatif yang menarik dan relevan untuk meningkatkan keterlibatan konsumen, serta kerjasama dengan influencer lokal untuk memperluas jangkauan merek. Kata kunci: komunikasi pemasaran, brand awareness, coffeeshop This research was conducted at a coffeeshop in South Bekasi, named Juni Park. Juni Park is a coffeeshop located in South Bekasi and has its own uniqueness with Islamic branding. Juni Park operates its business with a preaching concept, where every business activity is accompanied by Islamic values such as not using music, holding Islamic studies, and other Islamic activities. With the growing coffee shop business, business owners need to have clear differentiation and positioning for their brand so that consumers can distinguish it from other competitors. Brand awareness plays a crucial role in generating attraction and consumer trust towards a brand. Therefore, this research aims to reveal effective communication strategies in building brand awareness for Juni Park. The research method used was a qualitative descriptive approach with in-depth interviews with the owner and administrators of Juni Park, as well as direct observation of the marketing communication activities carried out by Juni Park. This research adopts the constructivist paradigm. The collected data was analyzed using a qualitative analysis approach to identify patterns and themes in the implemented marketing communication strategies. The research findings indicate that Juni Park adopts several effective marketing communication strategies in building brand awareness. These strategies include the use of social media as the main channel to communicate with consumers, creative and relevant content to enhance consumer engagement, and collaboration with local influencers to expand the brand's reach. Key word: communication, marketing , brand awareness, coffeeshop

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44320120015
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, brand awareness, coffeeshop communication, marketing , brand awareness, coffeeshop
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ALFINA DHEA NOVA
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:34
Last Modified: 19 Aug 2023 02:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80098

Actions (login required)

View Item View Item