PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF PEMERINTAH DALAM PENYAMPAIAN KEBIJAKAN KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG YANG MENIMBULKAN PANIC BUYING (Periode Januari – Maret 2022)

WULANSARI, AJENG (2023) PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF PEMERINTAH DALAM PENYAMPAIAN KEBIJAKAN KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG YANG MENIMBULKAN PANIC BUYING (Periode Januari – Maret 2022). S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Other (Cover)
55221110045-Ajeng Wulansari-01 Cover - Ajeng Wulansari.PDF

Download (5MB)
[img] Other (Abstrak)
55221110045-Ajeng Wulansari-02 Abstrak - Ajeng Wulansari.PDF

Download (731kB)
[img] Text (Bab 1)
55221110045-Ajeng Wulansari-03 Bab 1 - Ajeng Wulansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
55221110045-Ajeng Wulansari-04 Bab 2 - Ajeng Wulansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab 3)
55221110045-Ajeng Wulansari-05 Bab 3 - Ajeng Wulansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
55221110045-Ajeng Wulansari-06 Bab 4 - Ajeng Wulansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Bab 5)
55221110045-Ajeng Wulansari-07 Bab 5 - Ajeng Wulansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
55221110045-Ajeng Wulansari-08 Daftar Pustaka - Ajeng Wulansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (Lampiran)
55221110045-Ajeng Wulansari-09 Lampiran - Ajeng Wulansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Other (Form Keabsahan)
55221110045-Ajeng Wulansari-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Ajeng Wulansari.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Naiknya harga Crude Palm Oil (CPO) yang dimulai pada pertengahan tahun 2021 menyebabkan tingginya harga minyak goreng di Indonesia. Akibat tingginya harga minyak goreng, maka pada tanggal 19 Januari 2022 Kementerian Perdagangan mengeluarkan kebijakan satu harga minyak goreng senilai Rp14.000,- per liter. Kebijakan ini yang menyebabkan panic buying yang terjadi pada beberapa lokasi di Indonesia khususnya panic buying yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga di Jakarta pada bulan Januari – Maret 2022. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu peran komunikasi persuasif pemerintah dengan memperhatikan unsur-unsur komunikator, pesan, media, dan khalayak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pemerintah dalam menyampaikan kebijakan satu harga minyak goreng. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus, diharapkan peneliti dapat menganalisa dan mengeksplorasi peran komunikasi persuasif pemerintah dalam penyampaian kebijakan harga minyak goreng yang menimbulkan panic buying pada bulan Januari – Maret 2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori persuasi, serta unsur- unsur komunikasi menurut Aristoteles. Hasil penelitian menyatakan bahwa pesan merupakan unsur yang paling dominan, karena pesan yang baik dan efektif mampu mengubah fungsi psikologis individual sehingga komunikan akan merespon secara terbuka dengan bentuk perilaku seperti yang diharapkan oleh komunikator. Selain itu media sebagai penjembatan juga memiliki peran yang baik sebagai komunikator, karena media merupakan saluran yang dapat menyampaikan pesan kepada khalayak melalui pemberitaannya terutama pada media konvensional seperti televisi dan radio yang memiliki jangkauan paling luas. Kata Kunci: peran komunikasi persuasif, komunikator, pesan, media, khayalak, panic buying The increase in Crude Palm Oil (CPO) prices starting in mid-2021 has led to high cooking oil prices in Indonesia. Due to the high price of cooking oil, on January 19, 2022, the Ministry of Trade issued a policy of one cooking oil price of IDR 14,000 per litter. This policy caused panic buying that occurred in several locations in Indonesia, especially panic buying carried out by housewives in Jakarta in January - March 2022. Therefore, a persuasive communication role is needed by the government by paying attention to communicator elements, messages, media, and audiences. This research was conducted to know the role of persuasive communication by the government in conveying the one cooking oil price policy. By using a qualitative approach through the case study method, it is hoped that researchers will be able to analyse and explore the role of the government's persuasive communication in conveying the cooking oil price policy that causes panic buying in January - March 2022. The theory used in this research is persuasion theory, as well as elements of communication according to Aristotle. The results of the study state that the message is the most dominant element because a good and effective message can change individual psychological functions so that the communicant will respond openly in the form of behaviour as expected by the communicator. In addition, the media as a bridge also has a good role as a communicator, because the media is a channel that can convey messages to audiences through its reporting, especially on conventional media such as television and radio which have the widest reach. Keywords: the role of persuasive communication, communicators, messages, media, audiences, panic buying

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55221110045
Uncontrolled Keywords: peran komunikasi persuasif, komunikator, pesan, media, khayalak, panic buying
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:46
Last Modified: 08 Aug 2023 04:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80046

Actions (login required)

View Item View Item