PENGARUH PERSONAL BRANDING DAN TERPAAN MEDIA RANO KARNO DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 - 2024 TERHADAP PREFERENSI MINAT PILIH WARGA DI DAPIL III BANTEN

WIBAWA, RESDHI (2021) PENGARUH PERSONAL BRANDING DAN TERPAAN MEDIA RANO KARNO DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 - 2024 TERHADAP PREFERENSI MINAT PILIH WARGA DI DAPIL III BANTEN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
Cover Rev.pdf

Download (999kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
cv dan turnitin rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research is motivated by the writer's interest in Rano Karno who participated in the 2019-2024 legislative elections in Banten III electoral district. Previously, Rano Karno had competed for the position of Governor in 2017. But at that time, Rano Karno couldn’t win over his rival, Wahidin Halim. In this study, the author focuses on Personal Branding and Media Exposure carried out by Rano Karno to get votes from his electoral district namely in electoral district III Banten. The purpose of this study is to find out whether there is an influence of Personal Branding and Media Exposure carried out by Rano Karno in the legislative elections for the period 2019-2024 on the preference of citizens in Banten III electoral area which cover the Tangerang City, Tangerang Regency and South Tangerang regions. The research method used in this study is a survey. Quantitative selection, with a positivistic paradigm. This research is explanative. The data collection technique used was a questionnaire. And, techniques in analyzing data using the SPSS program (Statistical Package for Social Sciences). Hypothesis test results of all independent variables on the variables shown by simultaneous between variables depend on the number 0.845 which means reliable. Whereas the simultaneous significance test is in the t table of 1.984 which means t arithmetic> from t table or 2.984> 1.984 then it is significant, while for calculating the regression coefficient of the Media Exposed variable is obtained by t count 4.565. so t count> from t table or 4.565> 1.984 then it is also significant. So the Personal Branding and Media Exposure variables support the selective preference. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis terhadap Rano Karno yang ikut dalam pemilihan legislatif periode 2019 – 2024 di dapil III Banten. Alasan penulis memilih meneiliti Rano Karno, karena Rano Karno pernah maju merebutkan posisi Gubernur tahun 2017 lalu. Namun pada saat itu, Rano Karno kalah perolehan suara oleh rivalnya yakni Wahidin Halim. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada Personal Branding dan Terpaan Media yang dilakukan oleh Rano Karno untuk mendapatkan suara dari wilayah dapilnya yakni di dapil III Banten. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Stimuls Organism Respon. Stimulus yangdigunakan penulis yaitu Sinetron Si Doel yang ditayangkan RCTI pada masa kampanye. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Personal Branding dan Terpaan Media yang dilakukan Rano Karno pada pemilihan legislatif periode 2019 – 2024 terhadap preferensi minat pilih warga di dapil III Banten yang meliputi wilayah Tangerang Kota, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Pendekatan kuantitatif, dengan paradigm positivistic. Penelitian ini bersifat eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Dan, teknik dalam menganalisis data menggunakan program SPSS (Statistical Package For Social Science). Hasil uji hipotesis dari seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat menunjukan korelasi simultan antar variabel berada pada angka 0.845 yang artinya reliable. Untuk hasil pengaruh, Terpaan Media lebih besar berpengaruh dari preferensi minat pilih warga sebesar 0,541, sedangkan Personal Branding di angka 0,462, kedua hasil tersebut berada di level sedang. untuk uji signifikansi simultan berada pada angka t tabel sebesar 1,984 yang artinya jika t hitung > dari t tabel atau 2.984 > 1,984 maka signifikan, sementara untuk menghitung koefisien regresi dari variabel Terpaan Media doperoleh t hitung 4.565. jadi t hitung > dari t tabel atau 4.565 > 1.984 maka juga signifikan. Jadi variabel Personal Branding dan Terpaan Media berpengaruh signifikan terhadap Preferensi minat pilih. Kata kunci: Pilkada, Banten, Pilgub

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55214120071
Uncontrolled Keywords: Pilkada, Banten, Pilgub
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:43
Last Modified: 27 Jun 2023 04:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78569

Actions (login required)

View Item View Item