PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI DUFAN

ZIDANE, MUHAMMAD FARIZ AL (2021) PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI DUFAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (BAB II)
03. II Metode Perancangan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB III)
04. III Data dan Analisa Perancangan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
05. IV Konsep Perancangan dan Hasil Desain.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text (BAB V)
06. V Uji Desain.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

As a theme park that has an area of approximately 20 hectares with more than 30 indoor and outdoor rides, and the number of visitors that can reach 15 thousand people. Dufan needs a solution to the problems experienced by visitors related to such a large place and visitors. Based on the problems obtained, the solution needed is in the form of an information system that provides information to visitors. Media information providers can be in the form of mobile applications. The selection of applications as a medium of information, namely information will be easily obtained and provided by smartphones. The user interface design for this Dufan application uses the design thinking method. Where the design process focuses on users and their needs at every phase of the design process. The design process itself goes through several stages including research and analysis, concept design, information architecture, wireframes, mockups, prototyping and feasibility tests. This application aims to be a means of delivering Dufan's information and a new breakthrough in digital innovation for entertainment tourism in Indonesia as amusement parks abroad already have similar applications. This app design has a strong branding concept with its visual identity so that it can shape Dufan's character. The strong branding supported by graphic elements in the form of color, layout, and typography so that the resulting design is attractive and easy to use. Key words: Mobile App, User Interface, Theme Park Sebagai tempat hiburan yang memiliki luas kurang lebih 20 hektare dengan lebih dari 30 wahana indoor maupun outdoor, serta jumlah pengunjung yang bisa mencapai 15 ribu orang. Dufan membutuhkan solusi dari permasalahan yang dialami oleh pengunjung yang berkaitan dengan tempat seluas dan pengunjung sebanyak itu. Berdasarkan permasalahan yang didapatkan, solusi yang diperlukan berupa sistem informasi yang menyediakan informasi kepada pengunjung. Media penyedia informasi dapat berbentuk aplikasi mobile. Pemilihan aplikasi sebagai media informasi yaitu informasi akan mudah didapatkan dan diberikan melalui smartphone. Perancangan desain user interface aplikasi Dufan ini menggunakan metode Design Thinking. Dimana proses desain berfokus kepada pengguna dan kebutuhannya di setiap fase proses desain. Proses perancangan sendiri melalui beberapa tahap antara lain riset dan analisa, perancangan konsep, information architechture, wireframe, mockup, prototyping dan uji kelayakan karya. Aplikasi ini bertujuan untuk menjadi sarana penyampaian informasi Dufan dan gebrakan baru dalam inovasi digital untuk wisata hiburan di Indonesia sehubungan taman hiburan di luar negeri sudah memiliki aplikasi serupa. Hasil karya ini memiliki konsep branding yang kuat dengan identitas visualnya sehingga dapat membentuk karakter Dufan. Hal itu didukung oleh elemen grafis berupa warna, layout, dan tipografi sehingga desain yang dihasilkan menarik dan mudah digunakan. Kata Kunci: Aplikasi Mobile, User Interface, Taman Hiburan

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 42317010095
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Mobile, User Interface, Taman Hiburan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.62 Interfacing and Communications Protocols (Standards)/Tampilan Antarmuka dan Protokol Komunikasi (Standar)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:08
Last Modified: 26 Jun 2023 07:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78527

Actions (login required)

View Item View Item