PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMP X

BARRU, FAGIH AL (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMP X. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 01 Cover.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 02 Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
46118210055 - FAGIH AL BARRU - 09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pada situasi pandemik Covid – 19 pembelajaran terpaksa dilakukan melalui jarak jauh atau online. Siswa menggunakan smarthphone dan internet sebagai media untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Intensitas yang tinggi akibat penggunaan smarthphone dan internet memberikan dampak negatif kepada para siswa salah satunya adalah potensi untuk melakukan tindakan agresif dan ofensif seperti memfitnah, menghina, mengancam, dan mengintimidasi pengguna internet lainnya, yang dilakukan melalui media teknologi elektronik seperti smarthphone, laptop, dan komputer, atau yang lebih umum dikenal sebagai definisi dari cyberbullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku cyberbullying pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif dengan jenis penelitian korelasional dan menggunakan teknik sampling jenuh. Sebanyak 177 siswa yang bersekolah di SMP X menjadi responden penelitian. Alat ukur yang digunakan untuk untuk mengukur perilaku cyberbullying adalah skala perilaku cyberbullying yang mengacu pada aspek-aspek perilaku cyberbullying Willard (2007) yang dikembangkan oleh Larasati dan Fitria (2016), dan alat ukur kecerdasan emosional adalah skala Goleman’s refinement model of emotional intelligence dari Goleman (2001) yang dikembangkan oleh Askhan Khaili (2011). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh negatif signifikan antara kecerdasan emosional terhadap perilaku cyberbullying. Sehingga dapat dikatakan semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki maka akan semakin rendah juga perilaku cyberbullying yang terjadi, dan begitupun sebaliknya. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan emosional mempengaruhi perilaku cyberbullying pada siswa. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Perilaku Cyberbullying, Siswa ABSTRACT During the COVID-19 pandemic, learning must be done remotely or online. Students use smartphones and the internet as a medium for distance learning. High intensity due to the use of smartphones and the internet has a negative impact on students, one of which is the potential to carry out aggressive and offensive actions such as slandering, insulting, threatening, and intimidating other internet users, which are carried out through electronic technology media such as smartphones, laptops, and computers, or more commonly known as the definition of cyberbullying. The purpose of this study is to determine whether there is an influence of emotional intelligence on cyberbullying behavior in students. This is a quantitative study with a correlational research design that employs saturated sampling techniques. A total of 177 students who attend SMP X became research respondents. The measuring instrument used to measure cyberbullying behavior is a cyberbullying behavior scale that refers to aspects of Willard's cyberbullying behavior (2007) developed by Larasati and Fitria (2016), and the emotional intelligence measuring instrument is Goleman's refinement model of the emotional intelligence scale from Goleman (2001) developed by Askhan Khaili (2011). The results of a simple regression analysis show that emotional intelligence has a significant negative influence on cyberbullying behavior. So it can be said that the higher the emotional intelligence possessed, the lower the cyberbullying behavior that occurs, and vice versa. It can be concluded that the level of emotional intelligence affects cyberbullying behavior in students. Kata kunci: Emotional Intelligence, Cyberbullying Behavior, Student

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI 23 034
NIM/NIDN Creators: 46118210055
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Perilaku Cyberbullying, Siswa
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 24 May 2023 06:15
Last Modified: 24 May 2023 06:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77628

Actions (login required)

View Item View Item