STRATEGI HUMAS KORLANTAS POLRI DALAM MENSOSIALISASIKAN ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT (ETLE) TAHUN 2022 (STUDI KASUS PENERAPAN ETLE PADA JALAN TOL)

LUQMANDA, ENDEN (2023) STRATEGI HUMAS KORLANTAS POLRI DALAM MENSOSIALISASIKAN ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT (ETLE) TAHUN 2022 (STUDI KASUS PENERAPAN ETLE PADA JALAN TOL). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 01 Cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 02 Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
44219210072 - Enden Luqmanda - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kegiatan seorang praktisi Humas adalah melakukan sosialisasi terkait program yang dijalankan oleh instansi, begitupun dengan Humas Korlantas Polri dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi pada suatu penerapan peraturan lalu lintas di Indonesia merupakan suatu kewajiban Lembaga Korlantas Polri dalam menyampaikan informasi secara akurat, sehingga pesan dari sosialisasi yang dilakukan dapat diterima oleh masyarakat. Dalam melakukan sosialisasi terkait penyampain informasi yang disampaikan agar akurat tentunya diperlukan suatu strategi. Dengan adanya penggunaan strategi yang digunakan pada kegiatan tentunya akan dapat melihat keberhasilan suatu kegiatan yang dijalankan. Hal ini merupakan suatu bagian penting bagi seorang Humas untuk dapat mengimplementasikan kedalam kegiatan sosialisasi. Pada penelitian ini memiliki tujuan dalam mendeskripsikan Strategi Humas Korlantas Polri Dalam Mensosialisasikan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Tahun 2022 (Studi Kasus: Penerapan ETLE Pada Jalan Tol). Dengan menggunakan teori 4 tahapan strategi humas Cutlip M. Centre yang terdiri dari 1) Identfikasi Masalah, 2) Merencanakan Program, 3) Tindakan & Berkomunikasi, 4) Evaluasi. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalu wawancara mendalam Humas Korlantas Polri dan juga dilakukan observasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan dalam melakukan sosialisasi Humas Korlantas Polri telah memenuhi 4 tahapan proses strategi Humas. Namun adanya upaya yang perlu lebih dimaksimalkan dalam penggunaan media yang digunakan untuk melakukan sosialisasi. Hasil dari wawancara dengan narasumber publik pengguna jalan tol menyarankan untuk kedepannya himbauan berupa penerapan ETLE di jalan tol diperbanyak lagi. Kata Kunci: Strategi Humas, Sosialisasi, ETLE ABSTRACT One of the activities of a Public Relations practitioner is to conduct socialization related to programs run by agencies, as well aswith the Public Relations of the National Police Corps in socializing to the community. Socialization in the application of traffic regulations in Indonesia is an obligation of the National Police Corps Institution in conveying information accurately, so that the message of the socialization carried out can be accepted by the public. In conducting socialization related to the delivery of information submitted to be accurate, of course, a strategy is needed. With the use of strategies used in activities, of course, you will be able to see the success of an activity being carried out. This is an important part for a Public Relations officer to be able to implement into socialization activities. This study aims to describe the Public Relations Strategy of the National Police Corps in Socializing Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) in 2022 (Case Study: Application of ETLE on Toll Roads). Using the theory of 4 stages of Cutlip M. Center's public relations strategy consisting of 1) Problem Identification, 2) Planning Programs, 3) Action & Communication, 4) Evaluation. The type of research used is qualitative. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques through in-depth interviews of the Police Corps Public Relations and observations are also carried out. The results of this study can be concluded that the nature of socializing the Public Relations of the Korlantas Polri has fulfilled the 4 stages of the Public Relations strategy process. However, there are efforts that need to be maximized in the use of media used to socialize. The results of interviews with public speakers of toll road users suggested that in the future the appeal in the form of implementing ETLE on toll roads be expanded again. Keywords: PR Strategy, Socialization, ETLE

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 039
NIM/NIDN Creators: 44219210072
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, Sosialisasi, ETLE
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2023 05:48
Last Modified: 23 May 2023 05:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77552

Actions (login required)

View Item View Item