HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KETERLIBATAN ORANG TUA SECARA EKSPLISIT DAN IMPLISIT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JOHANA, ANASTASIA (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KETERLIBATAN ORANG TUA SECARA EKSPLISIT DAN IMPLISIT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Home learning requires that the active role of the teacher is transferred to the involvement of parents during the teaching and learning process. . When the teaching and learning process takes place, not all students have the learning motivation expected by educators. Therefore, the purpose of conducting this research is to find out whether there is a relationship between explicit and implicit parental involvement with children's learning motivation. Respondents in this study were all grade 7 and 8 students at SMP Tunas Bangsa Gading Serpong which were divided into 72 grade 7 students and 104 grade 8 students. This study used the Parental Involvement Scale and Student Self Report of Active Engagement by Hoover Dempsey dan Sandler (2005) and used a sampling technique. purposive sampling with saturated sampling. Data analysis was carried out using descriptive data which shows the mean, range, standard deviation, F test, correlation test. The results of this study show that the correlation value between explicit parental involvement and student learning motivation is 0.831 and sign 0.000 and the correlation value between explicit parental involvement and student learning motivation is 0.679 and sign 0.000. This shows that there is a strong relationship between explicit and implicit parental involvement with students' learning motivation at SMP Tunas Bangsa Gading Serpong. The proposed hypothesis is acceptable. Pembelajaran jarak jauh mengharuskan peran aktif guru di alihkan pada keterlibatan orang tua saat proses belajar mengajar berlangsung. . Ketika proses belajar mengajar berlangsung, tidak semua peserta didik memiliki motivasi belajar yang diharapkan oleh pendidik. Maka dari itu tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah hubungan antara keterlibatan orang tua secara eksplisit dengan motivasi belajar anak dan keterlibatan orang tua secara implisit dengan motivasi belajar anak. Responden dalam penelitian ini ialah seluruh siswa dan siswi kelas 7 dan 8 SMP Tunas Bangsa Gading Serpong yang dibagi menjadi 72 siswa kelas 7 dan 104 siswa kelas 8. Penelitian ini menggunakan Skala Keterlibatan Orang Tua dan Student Self Report of Active Engagement oleh Hoover Dempsey dan Sandler (2005) serta menggunakan teknik sampling purposive sampling dengan sampling jenuh. Analisa data yang dilakukan yaitu menggunakan deskriptif data yang menunjukkan nilai mean, range, standard deviation, Uji F, uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai korelasi antara keterlibatan orang tua secara eksplisit dengan motivasi belajar siswa sebesar 0,831 dan sign 0,000 dan nilai korelasi antara keterlibatan orang tua secara eksplisit dengan motivasi belajar siswa sebesar 0,679 dan sign 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara keterlibatan orang tua secara eksplisit dan implisit dengan motivasi belajar siswa di SMP Tunas Bangsa Gading Serpong. Hipotesis yang diajukan dapat diterima

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 23 075
NIM/NIDN Creators: 46117120025
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KETERLIBATAN ORANG TUA SECARA EKSPLISIT DAN IMPLISIT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.6 Psychology of Adults/Psikologi Dewasa
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 20 May 2023 07:55
Last Modified: 20 May 2023 07:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77448

Actions (login required)

View Item View Item