ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS DI PASAR PESING TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI JALAN KEDOYA RAYA JAKARTA BARAT

SETIAWAN, OKTA AVIANTO (2019) ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS DI PASAR PESING TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI JALAN KEDOYA RAYA JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR RUMUS)
9. Daftar Rumus.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Increasing the number of people in the same region resulted in increased levels of people to do the movement visit the same place, at the same time and by the same road. One of the central activities that may affect traffic performance is the market, especially the location on a side street for their market activities can disturb traffic movement in the market and its surroundings, with railway crossings can also affect the performance of the road segment. The needed data in this research is the primary data in the form of a survey of traffic at peak hours by direct observation in the field. It is also important secondary data as supporting data in the data processing. This segment performance analysis procedures generally refers to Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 while for calculating the queue length and delay caused by a doorstop crossings by direct observation in the field manually. Based on analysis of the performance of road Kedoya Raya hour peak occurred on the evening of Monday, May 6th, 2019 resulted in the degree of saturation ≤ 0.75 by LOS C. From the results, the side barriers occur include very high category for commercial areas with road side market activity. According to survey results obtained that happened a long delay in closing latch on the afternoon hours of 17:41 to 17:45 namely for 240 seconds and going on long queues from Jl. Daan Mogot - Jl. Panjang of around 84 meters, while from Jl. Panjang - Jl. Daan Mogot 45 meters. With the closure of the railway doorstop road performance becomes worse. Keywords: Market, Railroad Crossing, Roads Jumlah manusia yang semakin meningkat pada suatu wilayah yang sama mengakibatkan semakin meningkatnya peluang manusia untuk melakukan pergerakan mengunjungi tempat yang sama, pada waktu yang sama, dan melalui jalan yang sama. Salah satu pusat kegiatan yang dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas adalah pasar, terutama lokasinya yang berada di pinggir jalan karena adanya kegiatan pasar tersebut dapat mengganggu kelancaran lalu lintas di pasar tersebut dan sekitarnya, dengan adanya perlintasan kereta api juga dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan ini. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil survei lalu lintas pada jam puncak dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan. Selain itu diperlukan juga data sekunder sebagai data pendukung dalam pengolahan data. Prosedur analisis kinerja ruas ini secara umum mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997 sedangkan untuk menghitung panjang antrian dan tundaan yang terjadi akibat palang pintu perlintasan dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan secara manual. Berdasarkan hasil analisis kinerja ruas jalan Kedoya Raya jam puncak terjadi pada sore Senin 6 Mei 2019 menghasilkan derajat kejenuhan ≤ 0,75 dengan LOS C. Dari hasil pengamatan, hambatan samping terjadi termasuk kategori sangat tinggi karena daerah komersil dengan aktivitas pasar samping jalan. Sesuai hasil survei didapat bahwa lama terjadi tundaan penutupan palang pintu pada sore hari jam 17.41 – 17.45 yaitu selama 240 detik dan terjadi panjang antrian dari arah Jl. Daan Mogot – Jl. Panjang sepanjang 84 meter sedangkan dari arah Jl. Panjang – Jl. Daan Mogot sepanjang 45 meter. Dengan adanya penutupan palang pintu kereta api maka kinerja jalan menjadi lebih buruk. Kata kunci : Pasar, Perlintasan Kereta Api, Ruas Jalan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 426
NIM/NIDN Creators: 41114110139
Uncontrolled Keywords: Pasar, Perlintasan Kereta Api, Ruas Jalan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 19 May 2023 08:05
Last Modified: 19 May 2023 08:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77385

Actions (login required)

View Item View Item