PRATAMA, BANI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MATERIAL RECLAIMED ASPHALT PAVEMENT (RAP) SEBAGAI PENYUSUN TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN BERASPAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Judul.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Other (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Other (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar Pernyataan.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
3. Kata Pengantar.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
6. Daftar Tabel.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
5. Daftar Gambar.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
7. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (BAB II)
8. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text (BAB III)
9. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
11. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. daftara pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. A LAMPIRAN pd-t-04-2005-b.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportasi yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Proses pembangunan jalan di Indonesia sebagian besar masih menggunakan cara konvensional, yaitu menggunakan agregat dan aspal dalam jumlah yang besar, hal tersebut jika dilakukan terus menerus dapat menimbulkan permasalahan lingkungan. Salah satu teknologi daur ulang aspal yang diharapkan dapat menanggulangi hal tersebut adalah penggunaan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) yaitu perkerasan jalan yang telah rusak kemudian digali dan dihancurkan menjadi semacam agregat. Penelitian ini dilakukan untuk membuat campuran beraspal menggunakan RAP dari perkerasan dengan kerusakan bleeding dan cracking. Prosentase RAP yang digunakan adalah 23%, 27%, dan 31%. 18 sampel campuran AC-BC dibuat masing-masing jenis kerusakan kemudian dipadatkan dengan 2x75 tumbukan. Kemudian dilakukan evaluasi karakteristik Marshall, yaitu stabilitas, flow, MQ, VIM, VMA, dan VFA, dan Indeks Kekuatan Sisa (IRS). Prosentase RAP 23% dengan KAO 6,19% untuk jenis bleeding dihasilkan berat jenis bulk sebesar :2,358; VMA sebesar 16,484%; VFA sebesar 73,772%; VIM sebesar 4,933%; stabilitas sebesar 982,04 kg; flow sebesar 2,895 mm; MQ sebesar 332,779 kg/mm; dan tebal film aspal sebesar 9,75 µm. RAP sebesar 23% dengan KAO 6,25% untuk jenis cracking dihasilkan berat jenis bulk sebesar 2,403; VMA sebesar 15,812%; VFA sebesar 77,385%; VIM sebesar 4,174%; stabilitas sebesar 992,082 kg; flow sebesar 2,88 mm; MQ sebesar 338,652 kg/mm; dan tebal film aspal sebesar 9,92 µm. Berdasarkan penelitian campuran dengan prosentase 23% cenderung lebih stabil pada kondisi yang sama ditunjukkan oleh nilai stabilitas yang cukup besar dan flow yang tidak terlalu rendah. Kata Kunci : Reclaimed Asphalt Pavement, AC-Binder Course, bleeding, cracking, karakteristikMarshl
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP. 19 402 |
NIM/NIDN Creators: | 41116110069 |
Uncontrolled Keywords: | Reclaimed Asphalt Pavement, AC-Binder Course, bleeding, cracking, karakteristikMarshl |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | CALVIN PRASETYO |
Date Deposited: | 19 May 2023 03:33 |
Last Modified: | 19 May 2023 03:33 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77344 |
Actions (login required)
View Item |