ANALISIS ISI KUALITATIF PERSONAL BRANDING SANDIAGA UNO SEBAGAI MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF REPUBLIK INDONESIA PADA CHANNEL YOUTUBE SANDIUNO TV

AGUSTINA, ELAMAYA (2023) ANALISIS ISI KUALITATIF PERSONAL BRANDING SANDIAGA UNO SEBAGAI MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF REPUBLIK INDONESIA PADA CHANNEL YOUTUBE SANDIUNO TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Personal branding is how a brand is built on a person which will later be attached and formed to increase selling points. Social media is an online media, where users through internet-based applications can share, participate, and create content. One example of new media that is widely used in Indonesia is YouTube, a video-sharing site that allows its users to watch, upload and share videos online. This media offers unlimited space for its users to interact which allows its users to view, send, and share videos, including conveying what they are doing as a public figure, listening to public complaints, as well as testing the quality of government programs or programs they lead, one of the public figures who using YouTube is Sandiaga Uno. This study uses a constructive paradigm with qualitative content analysis research methods by analyzing Sandiuno TV videos which will be seen from verbal and nonverbal messages which include scenes, writing in videos, conversations, body language, captions, hashtags, how to dress, and audience comments and associated with the concept formulated by Peter Montoya. The results of this study found how the personal brand that Sandiaga Uno built by uploading videos on the YouTube channel. There are several concepts shown, namely specialization, leadership, personality, distinction, and visibility. Keywords: Personal branding, social media, content analysis, Sandiuno TV. Personal branding merupakan bagaimana sebuah merek dibangun pada diri seseorang yang nantinya akan melekat dan dibentuk untuk meningkatkan nilai jual. Media sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya (user) melalui aplikasi berbasis internet dapat berbagi, berpartisipasi, dan menciptakan konten. Salah satu contoh media baru yang banyak digunakan di Indonesia adalah YouTube, suatu situs berbagi video yang memungkinkan para penggunanya untuk menonton, mengunggah dan membagikan video secara online. Media ini menawarkan ruang tak terbatas bagi penggunanya untuk berinteraksi dimana memungkinkan penggunanya untuk melihat, mengirim, berbagi video, termasuk menyampaikan apa yang dilakukan olehnya sebagai public figure, mendengarkan keluhan masyarakat, serta menguji kualitas program pemerintah atau program yang dipimpinnya, salah satu public figure yang menggunakan YouTube adalah Sandiaga Uno. Pada penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode penelitian analisis isi kualitatif dengan melakukan analisis pada video Sandiuno TV yang akan dilihat dari pesan verbal maupun non-verbal yang meliputi adegan, tulisan dalam video, percakapan, Bahasa tubuh, caption, hastag, cara berpakaian, dan komentar audience dan dikaitkan dengan berdasarkan konsep yang dirumuskan oleh Peter Montoya. Pada hasil penelitian ini ditemukan bagaimana personal brand yang dibangun Sandiaga Uno dalam unggahan video pada channel YouTube. Ada beberapa konsep yang ditunjukan yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, dan visibilitas. Kata Kunci: Personal branding, social media, analisis isi, Sandiuno TV.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 030
NIM/NIDN Creators: 44216110036
Uncontrolled Keywords: Personal branding, social media, analisis isi, Sandiuno TV.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.62 Interfacing and Communications Protocols (Standards)/Tampilan Antarmuka dan Protokol Komunikasi (Standar)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: MILA RISKA
Date Deposited: 13 May 2023 02:59
Last Modified: 13 May 2023 08:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76996

Actions (login required)

View Item View Item