ANALISIS LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN D.I.PANJAITAN KOTA JAKARTA TIMUR

NOVITASARI, SONEKA (2022) ANALISIS LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN D.I.PANJAITAN KOTA JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Traffic accidents are a common phenomenon in Indonesia. One of the roads that are prone to accidents is Jalan D.I. Panjaitan in East Jakarta City. East Jakarta City is part of DKI Jakarta Province which has an area of 188.03 km2 and a magnet for people to live. Population growth that occurs every yearlead to the increase of economic and social activities in the City of East Jakarta, this affects community mobilization so that the volume of passing vehicles also increases. If this cannot be matched with good facilities and infrastructure, it can cause new problems such as traffic jams and accidents. Secondary data on traffic accidents in D.I. Panjaitan Road from 2019 to 2022 in June were obtained from the East Jakarta City Traffic Unit. According to tha data obtained, it was found that the total number of accident victims was 55 victims with 3 people dying, 7 people being seriously injured and 45 people being lightly injured. The total material loss reached IDR 81,850,000.00. The accident rate obtained is calculated using the AEK (Accident Equivalent Analysis) method and to obtain accident-prone locations the BKA (Upper Control Limit) method is used. Primary data was obtained from direct survey results in the field which included surveys on vehicle volume, vehicle speed, side resistance, and road safety equipment. Based on the data analysis, it was found that there are road segments identified as accident-prone locations. This segment is located on segment 6 of D.I. Panjaitan Road (the Cililitan 2 toll exit to the intersection of Jendral Ahmad Yani Road). The total number of accidents that occurred was 17 incidents, with 2 people dying, 2 people being seriously injured and 14 people being lightly injured. The type of accident that often occurs is a single accident. Meanwhile, the highest accident time is at 06.00-09.00 WIB. Total material losses in segment 6 reached IDR 36,100,000.00 Keywords: Traffic Accidents, AEK BKA Method, Accident Prone Locations Kecelakaan lalu lintas merupakan sebuah fenomena yang umum terjadi. Salah satu ruas jalan yang menjadi lokasi rawan kecelakaan adalah Jalan D.I.Panjaitan di Kota Jakarta Timur. Kota Jakarta Timur merupakan bagian dari Provinsi DKI Jakarta yang memiliki luas wilayah 188,03 km2 dan menjadi magnet bagi masyarakat untuk tinggal. Pertambahan penduduk yang terjadi setiap tahun menyebabkan aktivitas ekonomi dan sosial di Kota Jakarta Timur semakin meningkat, hal ini berpengaruh terhadap mobilisasi masyarakat sehingga volume kendaraan yang melintas pun semakin meningkat. Apabila hal ini tidak dapat diimbangi dengan sarana dan prasarana yang baik, maka dapat menimbulkan masalah baru seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Data sekunder kecelakaan lalu lintas pada ruas Jalan D.I.Panjaitan tahun 2019 sampai dengan tahun 2022 bulan juni diperoleh dari Satuan Lalu Lintas Kota Jakarta Timur. Dari data tersebut didapatkan total jumlah korban kecelakaan sebanyak 55 korban dengan korban meninggal sejumlah 3 orang, korban luka berat sejumlah 7 orang dan korban luka ringan sejumlah 45 orang. Total kerugian material mencapai Rp 81.850.000,00. Angka kecelakaan yang didapatkan dihitung dengan menggunakan metode AEK (Analisis Ekivalen Kecelakaan) dan untuk mendapatkan lokasi rawan kecelakaan digunakan metode BKA (Batas Kontrol Atas). Data primer diperoleh dari hasil survey langsung di lapangan yang meliputi survey volume kendaraan, kecepatan kendaraan, hambatan samping dan kelengkapan keselamatan jalan. Hasil analisis lokasi rawan kecelakaan di ruas Jalan D.I.Panjaitan tahun 2019 sampai dengan tahun 2022 bulan Juni menggunakan metode AEK dan BKA, didapatkan segmen ruas jalan yang teridentifikasi sebagai lokasi rawan kecelakaan. Segmen tersebut terdapat pada segmen 6 ruas Jalan D.I.Panjaitan (pintu keluar tol Cililitan 2 sampai dengan persimpangan Jalan Jendral Ahmad Yani). Total kecelakaan yang terjadi pada segmen 6 ruas Jalan D.I.Panjaitan sebanyak 17 kejadian kecelakaan, dengan korban meninggal sejumlah 2 orang, korban luka berat sejumlah 2 orang dan korban luka ringan sejumlah 14 orang. Tipe kecelakaan yang sering terjadi yaitu kecelakaan tunggal. Sedangkan untuk waktu kejadian kecelakaan tertinggi terdapat pada Pukul 06.00-09.00 WIB. Total kerugian material pada segmen 6 ini mencapai Rp 36.100.000,00 Kata Kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Metode AEK BKA, Lokasi Rawan Kecelakaan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 22 274
NIM/NIDN Creators: 41120120032
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Lalu Lintas, Metode AEK BKA, Lokasi Rawan Kecelakaan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 08 May 2023 03:52
Last Modified: 08 May 2023 03:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76832

Actions (login required)

View Item View Item