CARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK USIA 5-7 TAHUN

GHAFFAR, MUHAMMAD ADE (2020) CARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK USIA 5-7 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (BAB II)
03.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
05.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[img] Text (BAB V)
06.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
07.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

The world of education that is always experiencing development, making educators must be more creative to increase student interest in learning. In Indonesia, non-formal education starts at the level of kindergarten / PAUD / Kindergarten at the age of 5 to 7 years, at that age the formation of a child's character is very important to support children's lives in the future. The formation of early childhood characters can be formed through a variety of learning and play activities that are interactive, interesting and fun. From these problems the game with the theme of character formation can be a solution to be able to teach children about good character. One of them through card games or card games. Card games that are used as a means of developing children's characters must be in accordance with a number of requirements as educational games. Card games have the advantage of making children interact with each other, practicing thinking skills and character formation content by elevating creative and confident aspects into the game as a theme being an educational value in the game. The results of the Card game product "Playing Together" show that an interactive, fun and interestingly designed game can be used as a medium for character formation that is good enough, especially for children. Keywords: Card game, Character building, Creative and Confident, Games, children Dunia pendidikan yang selalu mengalami perkembangan, membuat tenaga pendidik harus lebih kreatif untuk meningkatkan minat belajar pada siswa. Di Indonesia, pendidikan non-formal di mulai dari jenjang Taman kanakkanak/PAUD/Kindergarten pada usia 5 hingga 7 tahun, pada usia tersebut pembentukan karaker anak sangat penting untuk mendukung kehidupan anak di masa depan. Pembentukan karakter anak usia dini dapat dibentuk melalui berbagai macam kegiatan belajar maupun bermain yang bersifat interaktif, menarik serta menyenangkan. Dari permasalahan tersebut permainan dengan tema Pembentukan karakter dapat menjadi solusi untuk dapat mengajarkan kepada anak tentang karakter yang baik. Salah satunya melalui permainan kartu atau card game. Card game yang digunakan sebagai sarana pengembangan karakter anak harus sesuai dengan berberapa syarat sebagai permainan edukatif. Card game memiliki keunggulan untuk membuat anak-anak berinteraksi satu sama lain, melatih kemampuan berpikir dan konten pembentukan karakter dengan mengangkat aspek kreatif dan percaya diri kedalam permainan sebagai tema menjadi nilai edukatif pada permainan tersebut. Hasil dari produk Card game “Bermain Bersama” menunjukan bahwa sebuah permainan yang interaktif, menyenangkan dan dirancang menarik bisa digunakan sebagai media pembentukan karakter yang cukup baik terutama bagi anakanak. Kata Kunci: Card game, Pembentukan karakter, Kreatif dan Percaya diri, Permainan, anak-anak

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP. 20 012
NIM/NIDN Creators: 41916110014
Uncontrolled Keywords: Card game, Pembentukan karakter, Kreatif dan Percaya diri, Permainan, anak-anak
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 726 Buildings for Religious Architecture/Arsitektur Bangunan Keagamaan > 726.5 Church Architecture/Arsitektur Gereja > 726.51 Design, Decoration, Construction of Structural Elements/Desain, Dekorasi, Struktur
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 739 Art Metalwork/Seni Logam, Kerajinan Logam > 739.4 Iron Art Works/Seni Logam Besi > 739.48 Products/Produk
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 745 Decorative Arts/Seni Dekorasi > 745.4 Pure and Applied Design and Decoration/Desain Dekorasi Murni dan Terapan
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:13
Last Modified: 10 Apr 2023 02:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76270

Actions (login required)

View Item View Item