RESEPSI KHALAYAK MILLENIAL PADA PERSONAL BRANDING DEDDY CORBUZIER SEBAGAI KONTEN KREATOR YOUTUBE

Ismarini, Yaniar (2023) RESEPSI KHALAYAK MILLENIAL PADA PERSONAL BRANDING DEDDY CORBUZIER SEBAGAI KONTEN KREATOR YOUTUBE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44220110020-YANIAR ISMARINI-01 COVER - Yaniar Ismarini.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
44220110020-YANIAR ISMARINI-Abstrak - Yaniar Ismarini.pdf

Download (619kB)
[img] Text (Bab 1)
44220110020-YANIAR ISMARINI-02 Bab 1 - Yaniar Ismarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
44220110020-YANIAR ISMARINI-03 Bab 2 - Yaniar Ismarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab 3)
44220110020-YANIAR ISMARINI-04 Bab 3 - Yaniar Ismarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
44220110020-YANIAR ISMARINI-05 Bab 4 - Yaniar Ismarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab 5)
44220110020-YANIAR ISMARINI-06 Bab 5 - Yaniar Ismarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44220110020-YANIAR ISMARINI-08 Daftar Pustaka - Yaniar Ismarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
44220110020-YANIAR ISMARINI-09 Lampiran - Yaniar Ismarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Form pernyataann)
Formulir Pernyataan - Yaniar Ismarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

New Media memiliki ruang bagi khalayak untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi secara cepat. Salah satu new media yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini adalah YouTube. Keberadaan YouTube sebagai situs dengan partisipasi pengguna yang tinggi dilihat sebagai peluang dan media yang efektif dalam membangun personal branding. Deddy Corbuzier adalah salah satu public figure yang saat ini ikut serta dalam pemanfaatan YouTube sebagai media untuk membagikan kontennya. Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana resepsi khalayak atau penonton yang berasal dari generasi millenial terhadap personal branding Deddy Corbuzier sebagai konten kreator YouTube yang telah memiliki viewers mencapai jutaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi. Subjek yang diambil pada penelitian ini adalah generasi millenial yang merupakan subscriber aktif dari YouTube channel Deddy Corbuzier. Pemilihan informan millenial ini diklasifikasikan berdasarkan latar belakang (pendidikan, pekerjaan, dan preferensi media sosial). Hasil dari penelitian ini terdapat berbagai pandangan yang diberikan oleh informan yang memiliki pemaknaan berbeda terhadap personal branding Deddy Corbuzier. Pemaknaan tersebut adalah opini khalayak terhadap personal branding (you, promise, dan relationship) dengan menggunakan teori analisis resepsi Stuart Hall. Informan dikategorikan dalam tiga posisi, yaitu: Dominan Hegemonic, Negotiated, dan Oppositional Position. Kata Kunci: New Media, Personal Branding, YouTube, Analisis Resepsi. New Media has a space for audiences to communicate and disseminate information quickly. One of the new media that is widely used by the public today is YouTube. The existence of YouTube as a site with high user participation is seen as an opportunity and an effective medium for building personal branding. Deddy Corbuzier is one of the public figures currently participating in the use of YouTube as a medium for sharing his content. This research will discuss how the reception of audiences or viewers from the millennial generation towards Deddy Corbuzier's personal branding as a YouTube content creator who already has millions of viewers. This research uses a qualitative approach with reception analysis methods. The subjects taken in this study were the millennial generations who active subscribers of Deddy Corbuzier's YouTube channel. The selection of millennial informants is classified based on background (education, work, and social media preferences). The results of this research are various views given by informants who have different meanings of Deddy Corbuzier's personal branding. That meaning is public opinion on personal branding (you, promise, and relationship) using Stuart Hall's reception analysis theory. Informants are categorized into three positions, namely: Dominant Hegemonic, Negotiated, and Oppositional Position. Key Word: New Media, Personal Branding, YouTube, Reception Analysis.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220110020
Uncontrolled Keywords: New Media, Personal Branding, YouTube, Analisis Resepsi. New Media, Personal Branding, YouTube, Reception Analysis.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ALFINA DHEA NOVA
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:28
Last Modified: 29 Mar 2023 03:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75631

Actions (login required)

View Item View Item