OPINI MASYARAKAT PADA TRANSPORTASI PUBLIK MASS RAPID TRANSIT MRT JAKARTA (Studi Kasus Pada Stasiun Lebak Bulus Grab-Fatmawati, Jakarta Selatan)

NAWNAS, NAWNAS (2020) OPINI MASYARAKAT PADA TRANSPORTASI PUBLIK MASS RAPID TRANSIT MRT JAKARTA (Studi Kasus Pada Stasiun Lebak Bulus Grab-Fatmawati, Jakarta Selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Other (HAL COVER)
1.COVER.PDF

Download (605kB) | Preview
[img] Other (BAB I)
2.BAB I.PDF
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB II)
3.Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
4.Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
5.bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB V)
6.Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7.Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8.Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstract

Opinions are always there in getting something new, regarding support or feedback. This is a situation that guarantees and determines a. Public opinion regarding the ongoing construction of the MRT Jakarta could be an indication or failure of development. Opinions are dynamic, they can change or shift. Communities around the Jakarta MRT have experienced changes in opinion during construction and after the MRT officially operates. The form of this opinion comes from the experiences felt by the community. The goal is to find out how it happened and how the shift in opinion occurred when construction began to operate, so that it can be processed into a reference reference by the Jakarta MRT. The results showed that the community experienced a shift in opinion, development occurred and after the MRT Jakarta. Interviews during the construction period were carried out simultaneously after the MRT so that anyone could remember this time after the experience after MRT Jakarta. The opinions conveyed by the sources and received by the MRT are both complaints when construction and service improvements have been carried out. MRT provides facilities according to consumer needs so that public opinion is an important factor in improving the quality of MRT Jakarta. Keywords: communication, opinion, perception, response, public relations Opini selalu ada dalam pengadaan sesuatu yang baru, mengenai dukungan atau penolakan. Opini merupakan pendapat suatu situasi yang terjadi dan menentukan penilaian sesuatu. Opini masyarakat mengenai pembangunan MRT Jakarta yang sedang terjadi dapat menjadi salah satu indikasi keberhasilan atau kegagalan pembangunan. Opini bersifat dinamis, dapat berubah maupun bergeser. Masyarakat sekitar MRT Jakarta mengalami perubahan opini saat pembangunan berlangsung dan setelah resmi beroperasi. Pergeseran opini ini dipengaruhi oleh perbedaan pengalaman yang dirasakan oleh masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana dan bagaimana pergeseran opini yang terjadi saat pembangunan berlangsung sampai mulai beroperasi, sehingga dapat diolah menjadi acuan perbaikan oleh MRT Jakarta. Hasil penelitian ialah masyarakat mengalami pergeseran opini, saat pembangunan berlangsung dan setelah MRT Jakarta beroperasi. Wawancara masa pembangunan dilakukan bersamaan setelah MRT beroperasi sehingga ada proses mengingat cenderung dipengaruhi oleh pengalaman setelah adanya MRT Jakarta. Opini yang ada disampaikan narasumber dan diterima pihak MRT, sama-sama berupa keluhan saat pembangunan dan berupa dukungan saat telah beroperasi. Pihak MRT pun menghadirkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga opini masyarakat menjadi masukan terpenting dalam peningkatan mutu MRT Jakarta. Kata kunci: komunikasi, opini, persepsi, respon, public relations

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 106
NIM/NIDN Creators: 44215010064
Uncontrolled Keywords: komunikasi, opini, persepsi, respon, public relations
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.38 Public Opinion/Opini Publik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:59
Last Modified: 24 Mar 2023 02:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75386

Actions (login required)

View Item View Item