HUBUNGAN ANTARA SOCIAL SUPPORT DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA SMP KOTA TANGERANG DI MASA TRANSISI DARI ONLINE MENJADI OFFLINE

YULIANAWATI, EKA (2022) HUBUNGAN ANTARA SOCIAL SUPPORT DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA SMP KOTA TANGERANG DI MASA TRANSISI DARI ONLINE MENJADI OFFLINE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

The purpose of this study is to ascertain whether junior high school students in Tangerang City experience self-adjustment as a result of receiving social support. A questionnaire is used to collect data in a quantitative manner. The participants in this study were Tangerang City junior high school students. The convenience sampling method was used to select a sample of 412 individuals. A social support scale and an adjustment scale are used in this study. Spearman's Rho was used as the correlation test. The results of this study showed a value of .559 that was statistically significant (p < 0.01) with the help of JASP 0.16.3. This indicates that adjustment is positively correlated with social support. Keywords : Social Support, Self-adjustment Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social support (dukungan sosial) dengan penyesuaian diri pada remaja SMP Kota Tangerang di masa transisi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi pada penelitian ini adalah para remaja SMP yang ada di Kota Tangerang. Sampel yang digunakan sebanyak 412 orang dengan menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial (social support) dan skala penyesuaian diri. Uji korelasi yang digunakan adalah Spearman’s Rho. Dengan bantuan JASP 0.16.3, hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan sebesar .559 (p < 0,01). Sehingga hal tersebut memiliki arti adanya hubungan yang positif antara social support dengan penyesuaian diri. Kata kunci : Dukungan sosial, penyesuaian diri

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 22 227
NIM/NIDN Creators: 46118120042
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, penyesuaian diri
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.2 Individual Psychology, Characters/Psikologi Individual, Karakter
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:45
Last Modified: 15 Mar 2023 07:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75124

Actions (login required)

View Item View Item