PENGELOLAAN MEDIA INTERNAL PLN KITA DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN KARYAWAN INTERNAL DI PT PLN PUSAT

Fitriyani, Fitriyani (2023) PENGELOLAAN MEDIA INTERNAL PLN KITA DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN KARYAWAN INTERNAL DI PT PLN PUSAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER - Fitri Yani.pdf

Download (230kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak - Fitri Yani.pdf

Download (209kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 - Fitri Yani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2 - Fitri Yani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 - Fitri Yani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4 - Fitri Yani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 - Fitri Yani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran - Fitri Yani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka - Fitri Yani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Komunikasi internal berperan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan serta meningkatkan keharmonisan antara perusahaan dan karyawan. Tugas dan tanggung jawab public relation yaitu penyebaran informasi kepada pegawai melalui media internal. PT. PLN memiliki beberapa media internal dalam penyebaran informasi, yang terbaru yaitu media internal inovatif Web Portal PLN Kita. Pengelolaan media web portal PLN Kita seperti mendefinisikan masalah, perencanaan, aksi dan komunikasi, dan evaluasi menjadi kunci keberhasilan dari penggunaan media baru di kalangan pegawai. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengelolaan media internal Webportal PLN Kita PT PLN Pusat dalam menjalin hubungan dengan stakeholder internal. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan 4 (empat) narasumber kunci. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, model data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan media internal yang sudah ada ternyata memiliki beberapa permasalahan seperti tidak efektif dan efisien, tidak realtime, bersifat satu arah, dan hanya sebagian pegawai yang bisa mengakses. Sehingga media internal baru web portal PLN Kita dikembangkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Pengelolaan perencanaan menggunakan strategi konten pendekatan agenda setting dan strategi media seperti konten yang menarik, informatif, opini leader, dan strategi media PLN Kita. Pengelolaan aksi dan komunikasi dilakukan dengan menjalan perencanaan yang terdiri dari sosialisasi dan edukasi, konten mutasi pegawai, informasi penting, event-event, kuis, konten dari top manajer, dan survei yang wajib diisi di PLN Kita. Pengelolaan evaluasi dilakukan secara berkala. Hasil evaluasi ditemukan adanya peningkatan akses, peningkatan engagement, dan kepuasan dari pengguna yang baik. Permasalahan umum yaitu sistem PLN Kita yang beberapa kali mengalami eror. Kata Kunci: Media internal, Pengelolaan, PLN Kita Internal communication plays an important role in improving employee performance and increasing harmony between the company and employees. The duties and responsibilities of public relations are the dissemination of information to employees through internal media. PT. PLN has several internal media for disseminating information, the latest is the innovative internal media PLN Kita Web Portal. The management of the PLN Kita web portal media such as defining problems, planning, action and communication, and evaluation is the key to the success of the use of new media among employees. The purpose of this study is to find out the internal media management of the PLN Kita Web portal PT PLN Pusat in establishing relationships with internal stakeholders. The research method uses descriptive qualitative data collection techniques through interviews with 4 (four) key informants. Data analysis uses data reduction techniques, data models, conclusion drawing, and data validity. The results showed that the existing internal media had several problems, such as being ineffective and efficient, not real-time, one-way, and only some employees could access it. So that the new internal media web portal PLN Kita was developed to answer these problems. Planning management uses a content strategy agenda-setting approach and media strategies such as interesting, informative content, opinion leaders, and PLN Kita's media strategy. Action and communication management is carried out by carrying out a plan consisting of outreach and education, employee transfer content, important information, events, quizzes, content from top managers, and mandatory surveys at PLN Kita. Evaluation management is carried out periodically. The evaluation results found an increase in access, increased engagement, and satisfaction from good users. The general problem is that our PLN system has experienced errors several times. Keywords: Internal media, Management, PLN Kita

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44221110035
Uncontrolled Keywords: Media internal, Pengelolaan, PLN Kita Internal media, Management, PLN Kita
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ALFINA DHEA NOVA
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:14
Last Modified: 07 Mar 2023 07:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74794

Actions (login required)

View Item View Item