PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASI ANTARA IBU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU IBADAH PADA ANAK

LUKMAN, MELLY OCTAVIA (2020) PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASI ANTARA IBU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU IBADAH PADA ANAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL TU.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)

Abstract

The mother is the most important role in a family first for her children, the mother is the person closest to building the character and faith of the child, especially in terms of roads. The meaning of worship for children is carried out so that children carry out worship without coercion. Persuasion communication is one of the methods in a child's behavior as there is coercion. This study aims to determine the application process of persuasion communication between mother and child in providing understanding to children. This research uses a case study method (case study) and a qualitative approach. In taking the subject, the researcher took 10 people consisting of 4 mothers, 4 children who were in grades 4-6 Primary School, and 2 tutor. Then the technique used in studying the data is primary data, in the form of interviews with informants. The results showed that to gain understanding in the application of persuasion communication between mothers and children in shaping children's worship behavior, mothers used 4 (four) methods in the process of behavioral behavior in children, including through verbal and nonverbal persuasion communication, through understanding and persuasion, through reward, and through motivation. Based on the research results, some children were consistent in implementing their prayers, but some children were still in the process of being able to adjust their prayers consistently. The results of research on mothers show that 3 out of 4 mothers have conveyed an understanding of poverty in children. The tutor's response to the recitation of the mother's persuasion communication process in shaping worship behavior in children is that mothers have implemented several methods to shape worship behavior in children, such as methods in verbal and nonverbal forms, methods of persuasion, and methods of motivation. According to the tutor's view of the child's understanding in receiving mother's persuasion communication messages, namely, that the child does not feel pressured and is already carrying out his worship. Keywords: Persuasion Communication, Mother, Child, Worship Behavior Ibu merupakan peran yang paling penting dalam sebuah keluarga terlebih khusus untuk anak-anaknya, ibu merupakan orang yang paling dekat membangun karakter dan keimanan sang anak terutama dalam hal beribadah. Memberian makna atas ibadah pada anak dilakukan agar anak melaksanakan ibadah tanpa adanya suatu paksaan. Komunikasi persuasi merupakan salah satu metode dalam membentuk perilaku beribadah pada anak tanpa adanya suatu paksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan komunikasi persuasi antara ibu dan anak dalam memberikan pemahaman beribadah pada anak. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) dan pendekatan kualitatif. Dalam pengambilan subyek, peneliti mengambil 10 orang yang terdiri dari, 4 orang ibu, 4 orang anak yang duduk di kelas 4-6 SD, dan 2 orang guru mengaji. Kemudian teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu data primer, berupa wawancara kepada para informan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendapatkan keberhasilan dalam penerapan komunikasi persuasi antara ibu dan anak dalam membentuk perilaku ibadah anak, ibu melakukan 4 (empat) metode dalam proses membentuk perilaku ibadah pada anak, diantaranya adalah melalui komunikasi persuasi dalam bentuk verbal dan nonverbal, melalui pemahaman dan bujukan, melalui reward, dan melalui motivasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebagian anak sudah mulai konsisten dalam penerapan ibadah salat, namun sebagian anak masih dalam tahap proses untuk dapat beribadah salat secara konsisten. Hasil penelitian pada ibu menunjukkan bahwa 3 dari 4 ibu telah menyampaikan pemahaman tentang pentingnya beribadah kepada anak. Tanggapan guru mengaji terhadap proses komunikasi persuasi ibu dalam membentuk perilaku ibadah pada anak yaitu bahwa para ibu telah menerapkan beberapa metode untuk membentuk perilaku ibadah pada anak, diantaranya seperti metode dalam bentuk verbal dan nonverbal, metode bujukan, dan metode motivasi. Menurut pandangan guru mengaji terhadap pemahaman anak dalam menerima pesan komunikasi persuasi ibu yaitu, bahwa anak tidak merasa tertekan dan terpaksa dalam menjalankan ibadahnya. Kata Kunci: Komunikasi Persuasi, Ibu, Anak, Perilaku Ibadah

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 028
NIM/NIDN Creators: 44217010022
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasi, Ibu, Anak, Perilaku Ibadah
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.4 Journalism/Jurnalisme, Jurnalistik, Pers > 070.48 Journalism Directed to Special Groups/Jurnalistik Disutradarai oleh Kelompok Khusus > 070.483 Groups by Age and Sex/Kelompok Menurut Usia dan Jenis Kelamin > 070.4832 Children/Anak-anak
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: MILA RISKA
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:08
Last Modified: 06 Mar 2023 01:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74684

Actions (login required)

View Item View Item