ROK “FASTEN & GO” UNTUK WANITA PENGGUNA ROK PENDEK

RAHAYU, SRI (2020) ROK “FASTEN & GO” UNTUK WANITA PENGGUNA ROK PENDEK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB VI)
07. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)

Abstract

Types of women's clothing include short skirts/short dresses. The usage of these clothes based on the wants which is the desire to look stylist, and based on needs which is the needs of activites and works. Today's dynamic women have varied activities and high mobility which is often stricted with the condition of the road conditions are jammed and limited time. This condition is equipped using two-wheeled vehicles, either private or public property, buses, city shuttles, and public facilities, such as crosswalk stairs, overpass bridges, stops, and sidewalks. The meets of usage between those clothes, vehicles and public facilities cause a new problem that is inconvenient during the trip due to the body part specifically is thigh that more exposed. The condition is the reason of this product design. Literature study is a method of data collection research. Method 5W1H is the method of analysis. Anthropometry and ergonomics are used to help the product design process. Application of Vitruvius theory is the aspect of function, beauty and strength, assisting the design process of the product. This product is an anticipatory product because it can be brought anywhere. This product is a symbolic product because it returns clothing to its initial function as a cover. This product is an iconic product because its visual appearance has a characteristic that can be a differentiator. This product has the newness of having a new definition. Hegemony products that make people dependent because they have felt the benefits based on each user experience. Keywords: short skirts, public transport, comfort, ease, newness Jenis pakaian wanita antara lain rok pendek / dress pendek. Penggunaan pakaian tersebut ada yang didasari oleh kenginan yaitu keinginan untuk tampil gaya, ada pula yang didasari oleh kebutuhan yaitu kebutuhan berkegiatan seperti tuntutan pekerjaan. Wanita masa kini yang dinamis memiliki kegiatan yang beragam dan mobilitas yang tinggi dimana sering kali terbentur dengan kondisi kondisi jalanan yang macet dan waktu yang terbatas. Kondisi ini disiasati dengan menggunakan kendaraan roda dua, baik milik pribadi ataupun umum, bis, angkutan kota, dan fasilitas umum antara lain tangga penyeberangan, jembatan penyeberangan, halte, dan trotoar. Bertemunya pakaian yang digunakan tersebut dengan kendaraan dan fasilitas umum yang digunakan menimbulkan masalah baru yaitu ketidaknyaman selama perjalanan diakibatkan oleh semakin tereksposnya bagian paha. Kondisi tersebut menjadi latar belakang dari perancangan produk ini. Studi literatur menjadi metode penelitian pengumpulan data. Metode 5W1H menjadi metode analisis. Ilmu Antropometri dan Ergonomi digunakan untuk membantu proses perancangan produk. Pengaplikasian Teori Vitruvius yaitu aspek fungsi, keindahan dan kekuatan, membantu proses peracangan produk ini. Produk ini sebagai produk antisipatif karena dapat dibawa kemana-kemana. Produk ini sebagai produk simbolik karena mengembalikan pakaian ke fungsi awal yaitu sebagai penutup. Produk ini sebagai produk ikonik karena tampilan visualnya memiliki ciri khas yang dapat menjadi pembeda. Produk ini memiliki kebaruan yaitu memiliki definisi baru. Produk hegemoni yang membuat orang ketergantungan karena sudah merasakan manfaatnya berdasarkan user experience masing-masing. Kata Kunci: Rok pendek, kendaraan umum, kenyamanan, kemudahan, kebaruan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP. 20 022
Call Number: SDSK/19/21/011
NIM/NIDN Creators: 41916110016
Uncontrolled Keywords: Rok pendek, kendaraan umum, kenyamanan, kemudahan, kebaruan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 680.1-680.9 Standard Subdivisions of Manufacture For Specific Uses/Subdivisi Standar Dari Industri Pembuatan Produk Untuk Penggunaan Tertentu
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:46
Last Modified: 10 Apr 2023 02:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73338

Actions (login required)

View Item View Item