OPERATIONAL SISTEM FLIGHT CONTROL PADA PESAWAT BOEING 737-200

SALIM, ABDUL (2008) OPERATIONAL SISTEM FLIGHT CONTROL PADA PESAWAT BOEING 737-200. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover lengkap.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Penelitian yang saya lakuakan bertujuan untuk mengetahui komponen dan fungsinya dari Flight Controls Hydraulic Modular Package pada pesawat Boeing 737 – 200 dan juga untuk mengetahui troubleshooting Flight Controls Hydraulic Modular Package pada pesawat Boeing 737 – 200 dikarenakan Flight control system merupakan bagian yang sangatlah penting dalam pergerakkan pesawat untuk dapat bergerak dan merubah arah di udara baik itu berbelok, naik / turun ataupun miring ke kiri dan ke kanan. Apabila flight control system rusak atau tidak berfungsi saat terbang maka bisa saja saat penerbangan terjadi kecelakaan Metode penelitian dengan cara mengumpulkan data dari referensi – referensi yang ada dan dari sejumlah responden yang diambil berdasarkan jumlah perbandingan jawaban masing – masing responden dan dari jawaban masing – masing responden tersebut dibuat suatu perbandingan yang nantinya diambil yang mayoritas kemudian dirumuskan. Hasil penelitian ini didapatakan komponen flight controls hydraulic modular package terdiri dari dua shutoff valve yang berfungsi sebagai pengatur masuknya fluida, low pressure warning switch yang berfungsi sebagai sensing dari tekanan fluida yang akan masuk ke primery flight control system dan compensator cartridge yang berfungsi sebagai tempat cadangan fluida. Sistim kerja dari flight controls hydraulic modular package adalah pada saat hydraulic system dalam keadaan “ on ” maka fluida dari reservoir yang melewati modular package akan terbagi menjadi dua, yaitu untuk spoiler control system dan flight controls system. Hydraulic fluida dari spoiler control system akan langsung kembali ke reservoir, sedangkan hydraulic fluida dari flight control system sebelum kembali ke reservoir terlebih dahulu akan kembali ke modular package lagi. Saat hydraulic system dalam keadaan “ off “ maka aliran hydraulic fluida dari reservoir akan berhenti sehingga fluida yang menuju ke spoiler control system tidak ada tetapi fluida yang menuju ke flight control system didapat dari fluida balik flight control system itu sendiri yang tersimpan di compensator cartridge saat melewati modular package untuk kembali ke reservoir. Biasanya masalah yang dialami pada flight controls hydraulic modular package adalah terjadi kerusakan pada motor shutoff valves dan terjadi kebocoran pada bagian sambungan yang diakibatkan oleh kerusakan pada seal dengan part number Mil-P-25732a jika rusak atau aus harus diganti dengan seal yang sama dikarenakan sudah dalam modular package Kata Kunci : Modular package, seal

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 09 088
Call Number: STI/09/306
NIM/NIDN Creators: 0130312-013
Uncontrolled Keywords: Modular package, seal
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 04 Jan 2023 06:33
Last Modified: 04 Jan 2023 06:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73049

Actions (login required)

View Item View Item