ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN (AEK) DAN UPPER CONTROL LIMIT (UCL) SERTA KINERJA RUAS JALAN RAYA NAROGONG

KAMAL, IRFAN (2022) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN (AEK) DAN UPPER CONTROL LIMIT (UCL) SERTA KINERJA RUAS JALAN RAYA NAROGONG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
02 COVER.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
04 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) Dan Upper Control Limit (UCL) Serta Kinerja Ruas Jalan Raya Narogong Nama : Irfan Kamal, NIM : 41118210003, Dosen Pembimbing : Muhammad Isradi, ST, MT, IPM, Tahun : 2022 Jalan raya adalah prasarana utama dalam pengembangan perekonomian suatu wilayah, baik di perkotaan maupun pedesaan. Pada belakangan ini kejadian kecelakaan yang melibatkan moda transportasi darat telah sampai pada titik yang mengkhawatirkan. Menurut data statistik Indonesia yang terakhir diperbarui tahun 2019 mencapai 116,411 Kecelakaan, dengan total korban jiwa 25,671, luka berat 12,475 jiwa, luka ringan 137,342 jiwa. Dan untuk kerugian secara materi Rp 254,779,000. Penelitian ini dimaksudkan untuk Untuk mengetahui segmen mana yang menjadi daerah rawan kecelakaan di Jalan Raya Narogong, Mengetahui faktor - faktor penyebab, Mengetahui kinerja ruas Jalan. Menurut UU RI No. 22 Tahun 2009 jalan adalah seluruh bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlekapannya yang di peruntukan bagi lalu lintas umum. Kecelakaan menurut pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 ayat 1 menyatakan Suatu peristiwa dijalan yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda. Kecelakaan terjadi dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah kondisi jalan yang sudah tidak layak pakai. Untuk analisis kecelakaan menggunakana metode Angka Ekivalen Kecelakaan dan metode Upper Control Limit (UCL). Serta kelayakan jalan dapat dilihat dengan melakukan analisis kinerja jalan raya sesuai dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untuk jalan perkotaan. Penelitian ini dilakukan dengan observasi untuk pengumpulan data. Berdasarkan analisis daerah rawan kecelakaan di Ruas Jalan Raya Narogong tahun 2018-2020. Pada penelitian ini dibuat menjadi 4 segmen yang dimana dimulai dari Perbatasan Kota Bekasi - Kabupaten Bogor dan di akhiri sampai dengan Polsek Bekasi Timur. dengan data tersebut dianalisi menggunakan metode AEK dan UCL, serta kirja ruas jalan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 Hasil analisis penelitian ini menghasilkan bahwa segmen Ruas Jalan Raya Narogong mempunyai daerah rawan kecelakaan yaitu segmen 3 tepatnya. Segmen 3 merupakan daerah rawan kecelakaan dengan nilai AEK 216 dengan jumlah kecelakaan 69 dan total kerugian materil Rp. 18,250,000. Faktor peyebab kecelakaan dapat dilihat dari minimnya rambu-rambu lalu lintas, terdapat beberapa jalan rusak seperti bergelombang dan berlubang yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Serta kinerja pada Ruas Jalan Raya Narogong ini didapat volume lalu lintas ruas jalan total dengan sebesar 1031,00 Smp/Jam, dan nilai derajat kejenuhannya sebesar 0,28 berdasarkan nilai derajat kejenuhan diatas didapat tingkat pelayanan jalan B yaitu kecepatan arus masih stabil, kepadatan lalu lintas rendah hambatan dan pengemudi masih cukup untuk memilih kecepatan yang digunakan. Kata Kunci : Kecelakaan, Angka Ekivalen Kecelakaan, Upper Control Limit, , Kinerja Jalan, MKJI 1997

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 22 022
NIM/NIDN Creators: 41118210003
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Angka Ekivalen Kecelakaan, Upper Control Limit, , Kinerja Jalan, MKJI 1997
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 27 Dec 2022 05:12
Last Modified: 27 Dec 2022 05:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72861

Actions (login required)

View Item View Item