ANALISIS PERBANDINGAN PEKERJAAN FASAD DENGAN METODE PRECAST KUMKANG, PRECAST BETON, DAN CURTAIN WALL DITINJAU DARI SEGI BIAYA DAN WAKTU (Studi Kasus: Proyek Apartemen Mahata Margonda)

TIARASARI, MARIA SIWI (2022) ANALISIS PERBANDINGAN PEKERJAAN FASAD DENGAN METODE PRECAST KUMKANG, PRECAST BETON, DAN CURTAIN WALL DITINJAU DARI SEGI BIAYA DAN WAKTU (Studi Kasus: Proyek Apartemen Mahata Margonda). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan konstruksi disertai dengan perkembangan inovasi penunjang yang mampu membuat tercapainya keuntungan, khususnya dalam segi biaya dan waktu. Pekerjaan dinding memiliki perkembangan inovasi yang cukup beragam dimulaidengan menggunakan metode konvensional, precast, hingga inovasi cast-in-sitlainnya. Semua perkembangan pekerjaan dinding ini dilakukan guna menunjang selesainya pekerjaan dengan tepat, pekerjaan dinding memiliki pengaruh cukup besardalam keseluruhan proyek konstruksi karena volume pekerjaan yang cukup besarsehingga akan berpengaruh terhadap biaya dan waktu pekerjaan seluruhnya. Analisisyang dilakukan bertujuan untuk membandingkan biaya pekerjaan fasad dengan metode precast bahan kumkang, precast beton, dan curtain wall. Dan membandingkan waktupekerjaan fasad dengan metode precast bahan kumkang, precast beton, dan curtaiwall. Analisa dilakukan berdasarkan standar yang ada yaitu Permen PUPR dan SNBerdasarkan analisis yang dilakukan, hasil untuk biaya pekerjaan fasad dapat urutandari yang termurah hingga yang termahal yaitu fasad precast bahan kumkang, fasadprecast beton, dan fasad curtain wall, dengan perbandingan biaya metode precastbahan kumkang 24% lebih murah daripada metode precast beton, perbandingan biaya metode precast bahan kumkang 87% lebih murah daripada metode curtain wall, danperbandingan biaya metode precast beton 52% lebih murah daripada metode curtaiwal. Dan berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil untuk waktu pekerjaan fasaddapat diurutkan dari waktu tercepat hingga waktu terlama yaitu fasad curtain walladalah selama 31 minggu, fasad precast bahan kumkang selama 53 minggu, dan fasadprecast beton selama 55 minggu. Kata Kunci: Analisa Biaya, Analisa Waktu, Pekerjaan Fasad Precast Bahan Kumkang, Pekerjaan Fasad Precast Beton, Pekerjaan Fasad Curtain Wall.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41119120074
Uncontrolled Keywords: Analisa Biaya, Analisa Waktu, Pekerjaan Fasad Precast Bahan Kumkang, Pekerjaan Fasad Precast Beton, Pekerjaan Fasad Curtain Wall.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 17 Dec 2022 07:02
Last Modified: 17 Dec 2022 07:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72567

Actions (login required)

View Item View Item