ANALISIS TARIF JALAN TOL BERDASARKAN PENDEKATAN ABILITY TO PAY (ATP) DAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) (STUDI KASUS: RENCANA JALAN TOL SEKSI A KELAPA GADING-PULO GEBANG)

Hutagalung, Agnesia Grace (2022) ANALISIS TARIF JALAN TOL BERDASARKAN PENDEKATAN ABILITY TO PAY (ATP) DAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) (STUDI KASUS: RENCANA JALAN TOL SEKSI A KELAPA GADING-PULO GEBANG). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)

Abstract

Jalan Tol Layang dalam Kota Jakarta atau sering disebut dengan 6 Ruas Jalan Tol dalam Kota Jakarta adalah salah satu Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018. Pembangunan jalan tol tersebut diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan di dalam kota Jakarta (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, 2020). Pembangunan jalan tol tahap 1 memiliki total panjang 31,1 km yang terdiri dari beberapa seksi salah satunya dari Seksi A (ruas Kelapa Gading–Pulo Gebang) sepanjang 9,3 km. Penetapan tarif tol umumnya berorientasi pada analisis finansial yang mengakibatkan tidak sepadan dengan kemampuan (Ability To Pay) dan keinginan (Willingness To Pay) serta penetapan tarif ideal masyarakat sebagai pengguna jasa jalan tol. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa karakteristik calon pengguna Jalan Tol Seksi A (Kelapa Gading-Pulo Gebang) untuk kendaraan golongan I dan menentukan besar nilai kemampuan dan keinginan calon pengguna dalam membayar tarif tol. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah total responden yang sesuai kriteria sejumlah 111 responden. Hasil penelitian didapatkan ATP responden berada di atas WTP yakni ATP sebesar Rp 6.277 per km sementara WTP berada di angka Rp 800 per km. Hal ini terjadi karena responden memiliki pendapatan yang relatif tinggi sementara utilitas jalan tol tesebut rendah Kata Kunci : ATP, WTP, Tarif Jalan Tol.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41119120007
Uncontrolled Keywords: ATP, WTP, Tarif Jalan Tol.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 690.1-690.9 Standard Subdivisions of Planning, Anaysis, Engineering Design/Subdivisi Standar Dari Perencanaan, Analisa dan Teknik Bangunan
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 690.1-690.9 Standard Subdivisions of Planning, Anaysis, Engineering Design/Subdivisi Standar Dari Perencanaan, Analisa dan Teknik Bangunan > 690.2 General Activities/Aktivitas Umum Teknik Bangunan
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 17 Dec 2022 04:58
Last Modified: 17 Dec 2022 04:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72557

Actions (login required)

View Item View Item