PROSES MANUFAKTUR ALAT TRIBOMETER TIPE PIN ON DISK TEST SESUAI DENGAN STANDAR ASTM G 99

Sulistiono, Naufan Erzha (2022) PROSES MANUFAKTUR ALAT TRIBOMETER TIPE PIN ON DISK TEST SESUAI DENGAN STANDAR ASTM G 99. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Keausan merupakan cabang ilmu teknik tribologi yang mengkaji hubungan antara dua permukaan yang saling bergesekan dan mengalami kontak. Dengan besarnya kerugian yang dapat ditimbulkan oleh keausan, maka diperlukan tindakan khusus untuk dapat memperhitungkan dan menganalisa terkait keausan yang terjadi. Menganalisa keausan diperlukan sebuah alat yang dapat mengetahui nilai keausan pada sebuah material yaitu alat tribometer pin on disk. Namun, tidak tersedianya alat tribometer pin on disk di laboratorium teknik mesin Universitas Mercu Buana mengakibatkan hambatan bagi mahasiswa dan dosen dalam melakukan proses pengujian keausan pada suatu material. Semetara itu, di Indonesia alat tribometer pin on disk yang dikembangkan, masih memiliki kekurangan pada kecepatan rotasi disk, variasi putaran dan mobilitas. Tujuan penelitian ini adalah melakukan proses manufaktur alat tribometer tipe pin on disk test sesuai dengan standar ASTM G 99, berdasarkan hasil rancangan yang telah dibuat melalui penyempurnaan penelitian sebelumnya meliputi mobilitas, arah dan kecepatan putaran. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengujian berdasarkan ketentuan ASTM G 99 meliputi mekanisme, motor, pin, counter, hasil dan spesimen uji. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan hasil sesuai dengan ketentuan ASTM G 99, mampu berputar secara dua arah (CW/CCW) hingga 2000 rpm, serta memiliki mobilitas baik. Dalam hal ini, alat tribometer pin on disk dapat digunakan dan berfungsi sesuai dengan perencanaan. Kata Kunci: Keausan, tribometer pin on disk, ASTM G 99.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41319120104
Uncontrolled Keywords: Keausan, tribometer pin on disk, ASTM G 99.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 17 Dec 2022 02:42
Last Modified: 17 Dec 2022 02:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72540

Actions (login required)

View Item View Item