FENOMENA AKUN ANONIM DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Kasus Pada Pengikut Akun @AREAJULID Di Twitter)

AULIA, ALISAH NURUL (2022) FENOMENA AKUN ANONIM DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Kasus Pada Pengikut Akun @AREAJULID Di Twitter). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
01 Cover - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
02 BAB I - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
03 BAB II - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
04 BAB III - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
05 BAB IV - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
06 BAB V - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
08 Daftar Pustaka - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
09 Lampiran - 44218310011 - Alisah Nurul Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena anonimitas di media sosial twitter semakin banyak bermunculan, ini terjadi karena ruang komunikasi yang semakin luas dan bebas yang memungkinkan pengguna untuk menyamarkan identitas nya dengan maksud atau tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena akun anonim di media sosial twitter pada pengikut akun @AREAJULID. Peneliti menggunakan metodologi studi kasus melalui pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah fenomenologi dan interaksionisme simbolik. Subjek penelitian adalah akun anonim di twitter yang mengikuti akun @AREAJULID dan me-reply pada unggahan mengenai aksi klitih di tiga postingan @AREAJULID. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fenomena akun anonim di media sosial twitter ini digunakan untuk kebebasan dalam berekspresi. Dengan akun anonim, kebebasan itu dituangkan dalam bentuk bependapat atau beropini, berkeluh-kesah, melarikan diri dari kehidupan nyata (real life), hobi fangirling dan untuk kenyamanan dalam bersosial media tanpa perlu orang lain tahu identitas asli dirinya. Seluruh informan memiliki banyak kesamaan tujuan, makna, motif dan pengalaman yang membuat informan memilih untuk menggunakan akun anonim sebagai akun utama. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa fenomena akun anonim di media sosial twitter saat ini ialah hal yang sudah umum dan biasa di internet khususnya media sosial twitter. Anonimitas ini dapat dijadikan sarana berekspresi untuk sesuatu yang positif dan anonim tidak selalu berdampak negatif. Berdasarkan penelitian ini, rekomendasi yang diberikan untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu adanya pengkajian lebih lanjut mengenai fenomena akun anonim di media sosial untuk pengguna yang menggunakan akun anonim dengan tujuan yang negatif. Kata kunci: Fenomenologi, Interaksionisme Simbolik, Anonim, Twitter, Sosial Media ABSTRACT The phenomenon of anonymity on social media Twitter is increasingly popping up, this happens because the communication space is getting wider and free which allows users to disguise their identity with a specific purpose or purpose. This study aims to determine the phenomenon of anonymous accounts on social media Twitter on followers of the @AREAJULID account. The researcher uses a case study methodology through a qualitative approach. The theory used is phenomenology and symbolic interactionism. The research subject is an anonymous account on Twitter that follows the @AREAJULID account and responds to uploads about klitih in three @AREAJULID posts. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews. The results show that the phenomenon of anonymous accounts on social media Twitter is used for freedom of expression. With an anonymous account, that freedom is expressed in the form of opinions, complaining, escaping from real life, fangirling hobbies and for convenience in social media without the need for other people to know their true identity. All informants have many common goals, meanings, motives and experiences that make the informants choose to use an anonymous account as the main account. The conclusion of this study is that the phenomenon of anonymous accounts on social media twitter today is a common thing on the internet, especially social media twitter. This anonymity can be used as a means of expression for something positive and anonymous does not always have a negative impact. Based on this research, the recommendation for further research is the need for further studies on the phenomenon of anonymous accounts on social media for users who use anonymous accounts for negative purposes. Keywords: Phenomenology, Symbolic Interactionism, Anonymous, Twitter, Social Media

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 22 051
NIM/NIDN Creators: 44218310011
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Fenomenologi, Interaksionisme Simbolik, Anonim, Twitter, Sosial Media
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 13 Dec 2022 05:25
Last Modified: 13 Dec 2022 05:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72455

Actions (login required)

View Item View Item