ANALISIS PENGGUNAAN FACEBOOK PADA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Kasus Penggunaan Facebook Oleh Pelaku Usaha Kecil Menengah di Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi)

SUPRIYANTO, AGUS (2015) ANALISIS PENGGUNAAN FACEBOOK PADA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Kasus Penggunaan Facebook Oleh Pelaku Usaha Kecil Menengah di Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Hal Cover.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)

Abstract

Sebagian besar pelaku Usaha Kecil Menengah mempunyai kesadaran akan adanya era media baru. sebagian pelaku Usaha Kecil Menengah sudah mengimplementasi strategi komunikasi pemasaran melalui media baru. Terdapat hubungan yang lemah pengaruh antara kesadaran pelaku Usaha Kecil Menengah akan media baru terhadap implementasi strategi komunikasi pemasaran. Namun, kesadaran pelaku Usaha Kecil Menengah akan media baru berpengaruh positif dan terhadap implementasi strategi komunikasi pemasaranUntuk hubungan antara implementasi stategi komunikasi pemasaran dengan perilaku konsumen, fenomena yang ada menunjukan arah hubungan yang cukup kuat. Demikian juga dengan hubungan kesadaran pengelola Usaha Kecil Menengah akan media baru dengan, hubungan yang menunjukan arah yang cukup kuat dan signifikan. Fenomena yang ada menjelaskan bahwa asumsi-asumsi dan dugaan-dugaan yang diajukan oleh penulis telah terbukti dengan pembuktian di lapangan. Seperti yang telah diuraikan dalam kerangka teoritis bahwa kesadaran aktif, kesadaran pasif berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran. Dalam penelitian ini, strategi komunikasi pemasaran secara empiris telah membuktikan bahwa komunikasi pemasaran dalam media baru, baik yang dibangun oleh pengelola Usaha Kecil Menengah maupun oleh para user yang tercermin dalam forum dan diskusi berhubungan dengan perilaku konsumen.Perilaku konsumen dalam hal ini adalah perilaku hedonik yang mencerminkan aspek emosional dan perilaku rasional yang mencerminkan penggunaan logika dalam mengkonsumsi produk dan atau jasa. (shimp 1993). Hal menarik yang penulis temukan adalah adanya hubungan cukup kuat antara strategi komunikasi pemasaran dengan perlaku perilaku rasional. Rupanya, para konsumen dan potensial konsumen menggunakan media sosial untuk mengetahui terlebih dahulu karakteristik harga dan membandingkannya dengan penjual produk yang serupa. Dalam pengamatan yang menyeluruh, diperoleh informasi bahwa seluruh dugaan yang diajukan pada awal penelitian secara empiris dapat terbukti. Artinya, fenomena yang telah diamati menyatakan bahwa semua penggunaan media baru dalam hal ini facebook oleh para pelaku Usaha Kecil Menengah menjadikan adanya perubahan prilaku konsumen. Kesimpulan penelitian ini mengatakan adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara penggunaan facebook oleh pelaku Usaha Kecil Menegah dengan perubahan prilaku konsumen. Kata kunci : Penggunaan media baru facebook mempengaruhi prilaku konsumen. Most perpetrators of Small and Medium Enterprises has an awareness of the new media era. most perpetrators of Small and Medium Enterprises has been implementing marketing communications strategies through new media. There is a weak correlation between awareness actors influence SMEs will be the new media to the implementation of marketing communications strategy. However, SMEs are more aware of the new media will have positive effect on the implementation of marketing communication strategy. For the relationship between the implementation of marketing communication strategy with consumer behavior, there is a phenomenon that indicates the direction of the relationship is strong enough. Likewise, the relationship manager awareness Small and Medium Enterprises will be new media, which indicates the direction of the relationship is quite strong and significant. The phenomenon that is explained that the assumptions and allegations submitted by the author has been proven with evidence in court. As described in the theoretical framework that consciousness is active, passive awareness related to marketing communications strategy. In this research, marketing communication strategies empirically proved that marketing communications in new media, well, constructed by the Small and Medium Enterprises as well as by the user are reflected in forums and discussion related to consumer behavior. Consumer behavior in this case is the hedonic behaviors that reflect aspects of emotional and rational behavior that reflects the use of logic in consuming products and or services. (shimp 1993). Another interesting thing I have found is a fairly strong correlation between the marketing communication strategy perlaku rational behavior. Apparently, consumers and potential consumers use social media to know in advance the characteristics of the price and compare it with a similar product sellers. In a thorough observation, obtained information that all allegations put forward at the beginning of the study can be proven empirically. That is, a phenomenon that has been observed states that all use of new media in this regard by the perpetrators facebook SMEs make a change in consumer behavior. The conclusion of this research say there is significant and positive relationship between the use of Facebook by actors Small Business Medium with changes in consumer behavior. Keywords: Use of new media facebook affect consumer behavior.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-081
Call Number: TK/52/15/077
NIM/NIDN Creators: 55209110040
Uncontrolled Keywords: penggunaan media, facebook, prilaku konsumen, komunikasi pemasaran, usaha kecil, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Aug 2015 15:23
Last Modified: 25 Jun 2022 03:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item View Item