PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP SELF ESTEEM PADA REMAJA PEREMPUAN PENGGUNA INSTAGRAM

ANGGRAENI, ALIVIA NUR (2022) PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP SELF ESTEEM PADA REMAJA PEREMPUAN PENGGUNA INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)

Abstract

The creation of standards regarding the ideal body shape for women makes women, especially teenagers, prioritize their physical appearance to look beautiful and attractive in their social life. Technological developments like now, ideal body standards are spread everywhere, especially on social media, namely Instagram. This makes it easier for one to make comparisons with others. From the comparison experienced will affect the self esteem of each individual. When someone has low self-esteem, it will also relate to their body image. This reseacrh aims to see the effect of body image on self-esteem in teenage girls who use Instagram. A quantitative method with simple linear regression analysis are used in. Data was conducted by a questionnaire distributed on google form to the students of SMK Kesehatan AS. Saturated sampling is used to sampling technique and obtained by 190 respondents. Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is no influence of body image on self-esteem in teenage girls who use Instagram. This is shown in the correlation test of 0.310, which means that there is no relationship between body image and self-esteem in teenage girls who use Instagram. Keywords: Body Image, Instagram, Self Esteem, Teenage girls. Terciptanya standar mengenai bentuk tubuh ideal pada perempuan membuat perempuan khususnya remaja lebih mengutamakan penampilan fisiknya agar terlihat cantik dan menarik didalam kehidupan sosialnya. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, standar tubuh ideal tersebar dimana-mana, terutama di media sosial yaitu Instagram. Hal ini mengakibatkan mudahnya seseorang melakukan perbandingan terhadap orang lain. Dari perbandingan yang dialami akan mempengaruhi self esteem dari setiap individu. Ketika seseorang memiliki self esteem yang rendah maka akan berkaitan juga dengan body image yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh body image terhadap self esteem pada remaja perempuan pengguna Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form pada siswi SMK Kesehatan AS. Teknik penentuan sampel untuk penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh sebanyak 190 responden. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa tidak adanya pengaruh body image terhadap self esteem pada remaja perempuan pengguna Instagram. Hal ini ditunjukkan dalam uji korelasi sebesar 0,310 yang artinya bahwa tidak terdapat hubungan antara body image dan self esteem pada remaja perempuan pengguna Instagram. Kata Kunci: Body Image, Instagram, Remaja Perempuan, Self Esteem

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 22 143
Call Number: SP/61/22/072
NIM/NIDN Creators: 46118010091
Uncontrolled Keywords: Body Image, Instagram, Remaja Perempuan, Self Esteem
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi > 128 Humankind/Filsafat Kehidupan Manusia > 128.6 Body/Tubuh
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:16
Last Modified: 31 Oct 2022 03:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71118

Actions (login required)

View Item View Item