PERAN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN PROYEK DALAM KOMUNIKASI INTERNAL PERUSAHAAN (Studi Kasus: Direktorat Technology PT SiCepat Ekspres Indonesia)

ELISABETH, HESTI ANNA (2022) PERAN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN PROYEK DALAM KOMUNIKASI INTERNAL PERUSAHAAN (Studi Kasus: Direktorat Technology PT SiCepat Ekspres Indonesia). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)

Abstract

Indonesia and even the world is experiencing and feeling a phenomenon called the COVID-19 pandemic, since then there have been many government policies and government recommendations for Indonesian citizens, especially in doing work. The impact of the Covid-19 pandemic has certainly made some companies make adjustments to survive, and in practice A company is an organization with a purpose. Organizations within the company have the same goals, and of course each individual strives to achieve these goals. Internal Communications faces new challenges where there is a limitation of meetings that are usually held before COVID-19 arrives. This research was carried out at the Technology Directorate of PT SiCepat Ekspress, This study aims to explain the role of the project planning information system in the COVID-19 phenomenon using the CMC theory, Internal Communication, Organizational Communication, This study also looks at the direction of communication and also the supporting and inhibiting factors communication. The research method used is a case study. Through a qualitative approach, researchers are encouraged to investigate more deeply the role of project planning information systems in internal communication. The results of this study indicate that communication during the pandemic is carried out through a project planning information system that is integrated with video conference or media chat so that downward, upward and sideways communication can be carried out in two directions to achieve communication goals, not only that but teamwork. is the lifeblood of internal communication. The obstacles faced are technical problems where all media need the internet to be connected, if the internet owned by employees is of poor quality then communication will be hampered. Keywords: Internal Communication, Communication Direction, CMC Indonesia bahkan dunia sedang mengalami dan merasakan satu fenomena bernama pandemik COVID-19, sejak saat itu banyak kebijakan pemerintah dan anjuran pemerintah untuk warga Indonesia terutama dalam melakukan pekerjaan. Dampak pandemi Covid-19 tentu membuat beberapa perusahaan melakukan penyesuaian untuk tetap bertahan, dan dalam praktiknya perusahaan adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan. Organisasi yang ada di dalam perusahaan memiliki tujuan yang sama, dan tentunya masing-masing individu berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Komunukasi Internal menghadapi tantangan baru dimana adanya batasan pertemuan yang biasa dilakukan sebelum COVID-19 hadir. Penelitian ini dilaksanakan di Direktorat Technology PT SiCepat Ekspress, Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran Sistem Informasi Perencanaan Proyek dalam fenomena COVID-19 yang menggunakan teori CMC, Komunikasi internal, Komunikasi Organisasi, Penelitian ini juga melihat bagaimana arah komuniksi dan juga faktor pendukung dan faktor penghambat komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Melalui pendekatan kualitatif, peneliti didorong untuk menyelidiki lebih dalam peran Sistem informasi perencanaan proyek dalam komunikasi internal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan selama pandemik dilakukan melalui sistem informasi perencanaan proyek yang terintegrasi dengan video conference ataupun media chatting sehingga arah komunikasi ke bawah, keatas dan kesamping dapat dilakukan dua arah untuk mencapai tujuan komunikasi, bukan hanya itu saja tapi kerjasama team adalah nyawa dari komunikasi internal. Hambatan yang dihadapi adalah gangguan teknis dimana semua media membutuhkan internet untuk terhubung, jika internet yang dimiliki karyawan kualitasnya buruk maka komunikasi yang terjadi akan terhambat. Kata Kunci: Komunikasi Internal, Arah Komunikasi, CMC

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 22 010
NIM/NIDN Creators: 55219120048
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Arah Komunikasi, CMC
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.5 Computer Modeling and Simulation/Model dan Simulasi Komputer > 003.54 Information Theory/Teori Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.525 Selective Dissemination of Information (SDI)/Penyebaran Informasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: LUTHFIAH RAISYA ARDANI
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:22
Last Modified: 02 Oct 2022 08:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69730

Actions (login required)

View Item View Item